Jul 17, 2011

Harimau Sumatra Akhirnya Dievakuasi

Liputan6.com - Harimau Sumatra yang tertangkap di Padang Pariaman, Sumatra Barat, akhirnya berhasil dievakuasi, Selasa (12/7) malam. Sebelumnya, proses evakuasi terkendala keinginan warga Lubuk Bonta, Sicincin, yang ingin menggelar ritual khusus sebelum menyerahkan harimau tersebut.

Bobot harimau yang dievakuasi diperkirakan mencapai 150 kilogram dengan panjang dua meter. Satwa tersebut depresi dan mengalami dehidrasi ringan. Maklum sudah empat hari sang raja hutan berada dalam perangkap warga.

Menurut Kepala BKSDA Sumbar Agusril, pihaknya berkali-kali berunding dengan warga agar harimau tersebut diserahkan. Semula warga enggan menyerahkan sang harimau. Namun karena kondisi kesehatan harimau terus menurun, ritual adat pun tidak jadi digelar.

Setelah warga menyerahkan, ternyata tak mudah memindahkan harimau dari perangkap ke kerangkeng besi yang disiapkan pihak BKSDA. Setidaknya diperlukan waktu tiga jam. Selain itu, medan yang cukup berat mempersulit upaya evakuasi harimau ke mobil milik BKSDA. Selanjutnya harimau akan dibawa ke Kebun Binatang Bukit Tinggi untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

Harimau Sumatra ditangkap warga Sabtu silam karena dianggap meresahkan. Selain sudah memakan belasan hewan ternak, warga juga khawatir akan menjadi korban. Video

No comments:

Post a Comment