May 21, 2013

Avanza, Xenia, Ertiga atau Spin?

Kompas.com - Persaingan MPV bawah kian memanas. Suzuki Ertiga dan Chevrolet Spin bak kuda hitam yang tiba-tiba menyeruak di tengah ”ketenangan hidup” Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Konsumen pun punya pilihan lebih banyak.

Hari ini (15/5), si kembar Avanza-Xenia bahkan menambah fitur keamanan baru berupa airbag (kantong udara) untuk pengemudi dan penumpang depan. Harganya sedikit naik! Namun, si kembar kini punya nilai tambah baru yang akan dimanfaatkan untuk mempertahankan kedigdayaannya dari kejaran pesaing yang berlari kencang.

Toyota dan Daihatsu memperbaiki struktur bodi dan komponen lainnya untuk meningkatkan kenyamanan dengan mengurangi suara berisik dan getaran atau noise, vibration, harshness (NVH) yang masuk ke kabin ketika mobil digunakan.

Bagi yang belum menentukan pilihan atau masih menimbang-nimbang, KompasOtomotif berusaha menampilkan perbandingan spesfikasi keempat MPV tersebut.

Catatan:
* Klaim konsumsi bahan bakar dari Maruti India. Versi otomatik dirilis pada pertengahan Mei ini, dengan perkiraan harga Rp 11 juta lebih dibandingkan versi GX manual dengan blower ganda.

No comments:

Post a Comment