Mar 22, 2012

Banyak Plastik dalam Perut Kliwon

Liputan6.com - Kliwon, satu-satunya jerapah di Kebun Binatang Surabaya (KBS), Jawa Timur, kebun binatang terbesar di Indonesia, ditemukan mati. Saat diperiksa, ternyata dijumpai plastik dalam jumlah yang cukup banyak di dalam perutnya. Temuan ini memunculkan rasa kekhawatiran di kalangan petugas kebun binatang.

Anthan Warsito, juru bicara KBS, kebun binatang yang berlokasi di ibu kota Provinsi Jatim tersebut menyatakan, Kliwon, jerapah berusia 30 tahun itu, mengalami sakit selama beberapa hari sebelum mati pada Kamis, pekan lalu.

Awalnya, berhubung jerapah memiliki harapan hidup hingga 20 sampai 30 tahun, kematian Kliwon dianggap tidak mengejutkan. Namun, pada pemeriksaan pascakematian yang digelar Jumat lalu, petugas menemukan bongkahan plastik berbobot sekitar 20 kilogram dengan diameter mencapai 60 sentimeter di dalam perut jerapah yang malang itu.

Menurut Warsito, plastik tersebut kemungkinan berasal dari makanan kemasan yang dilempar oleh pengunjung kebun binatang selama bertahun-tahun ke kandang Kliwon. Dan juga berasal dari sampah yang tertiup angin ke kandangnya. Untuk itu, Warsito menyebutkan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan terhadap hewan-hewan lain di kebun binatang itu dalam waktu dekat.

No comments:

Post a Comment