Jun 14, 2012

Honda "Recall" Civic 2012

Kompas.com - Honda Amerika akan melaklukan kampanye perbaikan (recall) terhadap Sedan Civic produksi 2012. Jumlahnya, diperkirakan mencapai 50.000 unit di seluruh Amerika Serikat bermasalah dengan bagian as roda (driveshaft) yang perakitannya kurang sempurna, terutama komponen dalamnya bisa longgar.

Dalam rilisnya, Honda mengatakan, jika pada bagian dalam as roda sampai lepas, maka mobil tak akan bisa jalan meski sudah dimasukkan tiap gigi persneling. "Bahayanya, mobil malah bisa menggelinding jika rem parkir belum diatur ketika selektor gigi telah ditempatkan di posisi 'park'. Risikonya, kecelakaan atau cedera."

Jumlah yang diperbaikan di atas tergolong sedikit, jika dibandingkan dengan "recall" tahun lalu, sedikit tiga kali dilakukan. Terbesar, Agustus 2011, jumlah mencapai 2,49 juta dengan produk Honda Accord dan CR-V di seluruh dunia. Terbanyak di Amerika mencapai 1,5 juta unit, 760 ribu di China, 135.142 unit di Kanada dan sisanya di beberapa negara. Trus, satu bulan kemudian (September) dua kali dilakukan, masing-masing terhadap model Pilot sejumlah 310.000 unit lebih dan Fit (Jazz di Indonesia), CR-V, serta City yang mencapai total 960.000 unit.

Untuk Civic ini, Honda menanggung biaya perbaikan dan pihaknya juga belum menerima laporan adanya kecelakaan atau yang mengnalami cedera.

No comments:

Post a Comment