Jun 22, 2012

Kirim Uang Pakai XL Tunai? Bisa

Selular.co.id - Dulu, masyarakat kerap menggunakan layanan wessel di kantor pos untuk mengirimkan uang. Belakangan ini, masyarakat justru memanfaatkan layanan sektor informal. Melihat kondisi ini, XL Axiata menghadirkan layanan kirim uang yang relatif lebih praktis dengan XL Tunai.

XL Tunai - Pengiriman Uang Domestik adalah sebuah fitur baru aplikasi layanan virtual XL Tunai yang memudahkan pelanggan untuk dapat mengirimkan uang dengan mudah melalui ponsel. "Fitur baru ini akan membantu para perantau atau siapapun yang ingin mengirimkan uang ke tempat tujuan dengan cara yang lebih praktis," kata Yessie D Yosetya, Senior GM M-Finance, di Euphoria Lounge, Jakarta, hari ini.

Menurutnya, potensi bisnis ini cukup menggiurkan dan masih memiliki "kue yang besar" untuk dikerubuti pemain di industri. "Jumlah pekerja perantau sangat besar di kota metropolitan. Jumlah uang yang dikirim dari kota ke desa diperkirakan akan mencapai 70 triliun rupiah. Ini tentu bisa menjadi layanan finansial yang sangat mudah bagi masyarakat," ujar Yessi.

Sekadar diketahui, mengutip paparan Yessi, pekerja perantau yang menjadi sasaran fitur ini terkonsentrasi di kota-kota besar, terutama di Jabodetabek sebesar 10 juta orang, disusul Bandung, Surabaya, dan Jogjakarta, dengan perkiraan jumlah pekerja sekitar 1-3 juta orang.

Memang jika dibandingkan dengan layanan wessel di kantor pos, XL Tunai sedikit lebih unggul, di mana biaya yang ditawarkan lebih murah daripada pos. Dan, waktu untuk transaksi XL Tunai lebih fleksibel, bisa dilakukan di luar jam kerja (24 jam, 7 hari). Sementara di kantor pos hanya melayani masyarakat di jam kerja.

Adapun minimal jumlah uang yang bisa dikirimkan adalah Rp10.000 dan maksimal Rp5 juta. Untuk menikmati layanan ini, pelanggan harus mengisi form pendaftaran terlebih dulu di 'Akun Terdaftar' melalui XL Center atau agen-agen yang melayani XL Tunai. Setelah itu, pelanggan bisa datang ke agen dengan membawa uang tunai, KTP, dan foto copy KTP.

Setelah diverifikasi oleh CS/agen, uang akan dikonversi menjadi digital. Selanjutnya, pengiriman uang bisa dilakukan melalui USSD *123*120#. Di dalamnya, Anda bisa mengirim, melihat berita transaksi, pengaturan, dan sebagainya.

Penerima uang akan menerima SMS juga panggilan dari petugas Call Center untuk memastikan uang tersebut akan diambil atau dikirimkan ke rumah. Pengirim juga bisa memantau status uang dan transaksi yang pernah dilakukan di website xltunai.xl.co.id, layaknya Internet banking.

No comments:

Post a Comment