Oct 7, 2013

Terkam Tiga Orang, Macan Kumbang Itu Ditembak Mati

Patugas gabungan melakukan pengepungan
Detik.com- Seekor Macan Kumbang menggegerkan perkampungan di Dusun Sumber, Desa Sentul, Kecamatan Sumbersuko, Lumajang. Satwa liar yang diduga kelaparan hingga turun gunung itupun akhirnya mati setelah ditembak.

Macan Kumbang sempat bersembunyi di dapur rumah Mulyono (45). Sebenarnya upaya untuk melumpuhkan telah dilakukan setelah mendatangkan Tim Penjinak Satwa yang didatangkan dari Taman Safari Indonesia (RSI) II Prigen, Pasuruan.

Tim yang beranggotakan 7 orang dikoordinir oleh Drh Ivan itu juga mendapat pengawalan aparat Polres Lumajang saat turun ke lokasi, Rabu (2/10/2013).

Namun upaya penjinakan yang dibantu aparat Polres Lumajang ini, tidak berlangsung mudah. Binatang yang punya nama latin panthera tigris ini sempat melakukan perlawanan saat hendak dijinakkan dengan senapan bius.

Akibatnya, 3 orang menjadi korban cakaran setelah diterkam. Ketiga korban, masing-masing drh Ivan, Roni, anggota Tim Penjinak Satwa TSI II Prigen serta Aiptu Sholeh, personil Binmas Polsek Tempeh. Korban dilarikan ke rumah sakit.

Pihak BKSDA yang ada dilokasi menginstruksikan jika tidak bisa dilumpuhkan dan dikhawatirkan terjadi korban lagi, maka diperbolehkan untuk dibunuh. 10 polisi bersenjatakan laras panjang pun beraksi.

"Ini karena tidak ada pilihan lagi. Sesuai dengan instruksi BKSDA," kata Kepala Bidang Pengelolaan Taman wilayah II TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) di Kabupaten Lumajang Ahmad Susjotyop.

Ilustrasi


Proses evakuasi bangkai macan kumbang dilakukan tertutup di dapur rumah Mulyono. Bahkan, bangkai itu dimasukkan ke peti yang telah disiapkan oleh petugas sebelumnya.

No comments:

Post a Comment