Dec 18, 2013

Infiniti Q50 2014 di "Recall" Bermasalah Pada Setir

Otomotifnet.com - Infiniti, merek premium Nissan memanggil untuk perbaikan (recall) terhadap sedan Q50 2014 karena ada gangguan pada perangkat lunak pada sistem kemudi (steer-by-wire).

Dalam laporan perusahaan kepada Badan Regulator Keselamatan disebutkan bahwa penarikan pada sedan Q50 yang dilengkapi setir adaptif, perangkat tersebut bisa menonakltifkan sofware di power steering ketika suhu mesin sangat dingin.

Memang ada pendukung mekanis ketika setir mengalami gangguan seperti menendang balik melalui kopling jika kemudi adaptif rusak. Namun, Lembaga Administrasi Keselamatan Jalan Raya (NHTSA) Amerika menegaskan bahwa pendukung mekanis tidak boleh dipakai karena akan membuka peluang untuk celaka.

Dari pihak Infiniti menyebutkan hanya 23 unit yang terkena pemanggilan. Pemilik telah diperintahkan untuk membawah mobil ke dealer terdekat.

Infiniti Q50 merupakan pengganti dari model G37 dengan fitur baru steer-by-wiren yang pengembangannya menghabiskan waktu 10 tahun. Ini satu-satunya dari line-up keluarga Infiniti memakai teknologi steer-by-wire, tapi untuk pasar di Amerika saja.

Jadi, sistem ini menggunakan tiga unit kontrol elektormik. Sehingga, jika ECU utama mengalami gangguan (gagal), masih ada dua back-up. Dengan kejadian ini, Infiniti berharap untuk mengurangi kompleksitas, berat, dan biaya steer-by-wire.

No comments:

Post a Comment