May 1, 2016

Sandiaga Minta Pemprov DKI Kaji Lagi Larangan Sepeda Motor di Sudirman

Sandiaga Uno
Kompas.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana untuk memperluas pelarangan sepeda motor dari Jalan MH Thamrin sampai sepanjang Jalan Jenderal Sudirman.

Ketika menanggapi hal itu, bakal calon gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, mengatakan sebaiknya Pemprov DKI mengkaji lebih dalam hal tersebut. Menurut dia, masyarakat banyak menggunakan sepeda motor karena moda transportasi yang ada di Jakarta belum memadai.

Menurut Sandiaga, selama belum ada moda tranportasi yang baik, rencana Pemprov DKI tersebut hanya akan menguntungkan warga kelas menengah hingga ke atas.

"Sebelum kita bisa mengatasi permasalahan transportasi umum, kita jangan mengkebiri hak-hak mereka. Itu pesan saya," ujar Sandiaga di Jakarta, Sabtu (30/4/2016).

"Jakarta itu warga kelas menengahnya bertumbuh, tapi kelas menegahnya sendiri tidak berperilaku seperti kelas menengah. Mereka menggunakan kendaraan pribadi itu tanpa rasa tanggung jawab sama sekali. Masa pakai mobil sendirian," tambah Sandiaga.

Menurut dia, untuk mengatasi masalah kemacetan di Ibukota yang harus diubah adalah pola pikir warganya. Selain itu, moda transportasi yang ada di Jakarta juga harus memadai, sehingga warga kelas menengah ke atas jadi suka menggunakan transportasi umum ketimbang kendaraan pribadi.

"Perubahan mindset prilaku akan menjadi tulang punggung pola pikir kelas menengah kita untuk menggunakan kendaraan umum. Jadi kuncinya kendaraan umumnya harus diperbaiki," tuturnya.

No comments:

Post a Comment