Jun 30, 2016

GM “Recall” Tiga Model Andalannya

Kompas.com - General Motors (GM) dinfokan telah mengajukan program perbaikan massal (recall) terhadap tiga model andalannya, Chevrolet Sonic dan Trax lansiran 2015-2016, serta Spark (2013-2015).

Mengutip Leftlane, Selasa (21/6/2016) recall dilakukan karena fitur audio “Bring Your Own Media”, yang tidak berfungsi baik. Jadi terdeteksi kasus ketika pengemudi tidak mengikat sabuk pengaman atau sengaja meninggalkan kunci kontak, ketika keluar kendaraan, lonceng peringatan tidak terdengar.

“Tanpa terdengarnya indikator, pengemudi kemungkinan besar bisa tidak mengenakan sabuk pengaman, sehingga akan meningkatkan risiko cidera saat kecelakaan,” seperti yang tertulis dalam dokumen recall.

Kecacatan tersebut juga membuat kendaraan tidak memenuhi syarat ketentuan yang berlaku, untuk bisa melindunginya dari pencurian, seperti  yang diuraikan dalam pedoman keamanan kendaraan pemerintah pusat Amerika Serikat.

Kelainan pada ketiga model kendaraan tersebut, bisa dideteksi dengan pengujian singkat. Pengemudi hanya perlu mematikan kendaraan dan meninggalkan kunci kontak tetap menempel di lubangnya, selama sepuluh menit. Jika tidak berbunyi maka telah terjadi masalah.

Dari ketiga produk Chevrolet tersebut, hanya Spark dan Trax, yang diimpor utuh dari Korea Selatan. Apakah recall ini berlaku juga untuk Indonesia, KompasOtomotif akan mengkonfirmasi kepada pihak Chevrolet Indonesia.

No comments:

Post a Comment