Jul 15, 2012

Foke Kalah Telak di Kandang Sendiri

Liputan6.com - Tak hanya kalah di TPS tempat lain, kandidat nomor urut pertama Fauzi Bowo alias Foke juga kalah telak di kandang sendiri. Di tempat tinggalnya di Kelurahan Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, hanya menang di tiga TPS.

Menurut Ketua Panitia Pemungutan Suara Kelurahan Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, Nano Sukatno, dari 12 TPS Petahana ini hanya memenangkan di tiga TPS, yakni di TPS 001, TPS 005, dan TPS 006. Sisa TPS dimenangkan kandidat nomor urut ketiga, Joko Widodo alias Jokowi.

"Yang menang Foke di tiga TPS, yaitu di TPS 001, TPS 005, dan TPS 006. Selebihnya suara dimenangkan Pak Jokowi," ujar Nano kepada wartawan di Kelurahan Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/7).

Nano menjelaskan, dari jumlah DPT 3.792 suara, sekitar 60 persen warga yang menggunakan hak pilihnya. Sisanya 40 persen, warga lebih memilih golput atau tidak menggunakan hak suaranya. "Jika dibanding periode pemilu sebelumnya, tingkat golput kali ini menurun."

Secara keseluruhan, lanjut Nano, proses pelaksanaan pemungutan suara Pemilukada DKI 2012 di Kelurahan Menteng berjalan cukup baik dan kondusif. Kendati demikian, ia mengaku mengalami sedikit kendala terkait perubahan DPT.

"Memang ada peraturan mendadak yang ditentukan KPU, tadinya nama yang diarsir (ditandai-red) itu masih ada hak untuk memilih dengan diperiksa dulu, bahwa salah satu jarinya belum menyelup di tintanya," ujarnya.

"Tapi ternyata H-1 sebelum hari pemilihan, yang sudah diarsir tidak berhak memilih. Ada 6 nama yang diarsir dari jumlah DPT," lanjutnya.

Nano menambahkan, dari jumlah surat suara yang ada, terdapat 1.763 sisa surat suara. "Hari ini mulai dilakukan penghitungan suara tingkat kelurahan yang dihadiri saksi, ketua dan anggota PPS," imbuhnya. Video

No comments:

Post a Comment