Dec 28, 2012

Harley-Davidson Siapkan 'Motor Murah'

Detik.com - Kabar mengenai produsen motor besar, Harley-Davidson yang berniat membuat motor bermesin kecil untuk pasar negara berkembang nampaknya makin kuat berhembus. Rumor menyebut kalau motor kecil Harley itu nantinya akan berharga tidak jauh beda dengan Kawasaki Ninja 250.

Kawasaki Ninja saat ini di Indonesia dilepas dengan harga lebih dari 50 jutaan berbekal mesin 250 cc yang digendongnya. Tapi, Harley-Davidson dikabarkan tengah mempersiapkan sebuah motor yang harganya tidak jauh dari angka itu.

Motor kecil Harley-Davidson itu dikatakan Autoevolution akan dibuat untuk pasar motor India. Besarnya pasar dan potensi pasar motor di negeri Bollywood itu dikatakan membuat Harley-Davidson bimbang.

Bila selama ini motor-motor Harley-Davidson mengusung mesin berkapasitas besar, untuk pasar India, Harley-Davidson berencana untuk membuat sepeda motor yang lebih kecil dengan kapasitas mesin diantara 400-500 cc.

Kabar ini sebenarnya sudah berhembus sejak bulan lalu. Namun yang mengagetkan, motor yang juga akan tetap mengusung konfigurasi mesin V-Twin ini ternyata akan dijual disekitar angka US$ 6.400 atau sekitar Rp 61,8 jutaan saja.

Harga itu tentu menggiurkan para pecinta roda dua meski belum ada kabar apakah bila memang jadi dilahirkan motor ini akan disebar pula ke negara lain atau tidak.

Kemungkinan, motor ini akan diperlihatkan Harley-Davidson di New Delhi Auto Show 2014 mendatang.

Harley-Davidson sendiri sebelumnya sudah dikabarkan tengah mempersiapkan perluasan sebuah pabrik perakitan mereka di India. Ini adalah pabrik perakitan motor Harley kedua di luar benua Amerika setelah sebelumnya Harley sudah membangun pabrik sejenis di Brasil.

Pabrik yang akan dibangun Harley-Davidson ini adalah pabrik yang akan merakit motor Harley-Davidson secara CKD penuh. Dengan begitu, Harley-Davidson berharap dapat mencapai harga yang kompetitif di India dimana harga memang sangat sensitif.

No comments:

Post a Comment