Sep 11, 2013

Ratusan Ribu Toyota dan Lexus Kena Recall

Detik.com - Toyota menarik ratusan ribu mobil Toyota dan Lexus. Untuk mobil hybrid, Toyota menariknya karena masalah overheat, sementara penarikan lain dilakukan karena adanya masalah pada mesin.

Toyota Motor Sales mengumumkan kalau mereka siap melakukan dua penarikan (recall) terpisah yang melibatkan isu overheat pada beberapa model hybrid dan masalah mesin pada beberapa model mobil Lexus.

Akibat kedua masalah di AS ini, mobil-mobil yang bermasalah dapat berhenti berjalan secara tiba-tiba.

Ada sekitar 133.000 Toyota Highlander Hybrid model tahun 2006-2010 yang ditarik Toyota karena masalah overheat bersama Lexus RX 400h model tahun 2006-2008.

Masalah panas ini terjadi karena adanya masalah pada transistor dalam inverter ketika proses perakitan sistem hibrida. Jika itu terjadi, lanjut Toyota, berbagai lampu peringatan pada panel instrumen akan menyala.

Dan dalam kebanyakan kasus kendaraan akan melambat dan menggunakan otomatis akan menggunakan 'limp home mode.' Dalam kasus yang terbatas, sistem hybrid akan menutup dan kendaraan akan berhenti.

Penarikan lain melibatkan sekitar 102.000 Lexus IS 350, IS 350C, dan GS 350 model tahun 2006-2011 yang memiliki potensi overheat pada mesinnya.

Masalah ini timbul karena baut yang memegang variable valve timing control bermasalah bila itu terjadi mobil berhenti.

Toyota mengatakan peringatan dini kemungkinan masalah ini adalah adanya suara yang tidak normal setelah start-up. Demikian dilansir USA Today, Kamis (5/9/2013).

No comments:

Post a Comment