Jul 4, 2009

Profil Honda Freed

Di awal pembicaraanya, Mr Fumihiko Ike, Managing Director Honda Motor. Co,.Ltd menegaskan bila Honda Freed diciptakan untuk “New Generation Family” dengan konsep “Man Maximum, Machine Minimum”. Sebuah konsep dimana penciptaan ruang dan kenyamanan maksimal bagi pengemudi dan penumpang harus diraih tanpa memperbesar ukuran kendaraan. Tapi justru dengan memperkecil ukuran mesinnya.

“Salah satu contoh suksesnya adalah Honda All New Jazz yang diterima baik di seluruh dunia dengan konsep ini,” ungkapnya. Memang bukan hal mudah membuat mobil dengan ruang dan kenyamanan lebih tanpa membuat dimensi mobil lebih besar. Namun Honda membuktikan tiap bagian MPV seven seatter sekali pun bisa dibuat dengan konsep tadi. Buktinya ada di 6 sensasi “new life” pada Honda Freed ini.

New Style

Sorotan utama ada pada desain Honda Freed yang mengadopsi kombinasi konsep “Triangle - Square”. Bagian depan berbentuk segitiga membantu meningkatkan aerodinamika, sementara bagian belakang berbentuk kotak menghasilkan kabin lapang meski bila dilihat dari luar tetap compact.

Selain itu, konsep “Curving Art Surface” memberikan sentuhan artistik pada bodi Honda Freed. Wheelbase yang tidak terlalu panjang hanya 2740 mm membuat Honda Freed dapat melaju lebih lincah dengan radius putar 5.2 m.

Honda Freed juga dilengkapi dengan micro antena ala mobil-mobil Eropa serta velg alumunium yang berukuran 15 inci dengan desain sporty dan mewah.

New Space

Sesuai konsep “Man Maximum, Machine Minimum”, meski berwujud mobil 7 penumpang, kabin Honda Freed tetap lega. Padahal bila dilihat dimensi exteriornya diakui tidak terlalu besar. Sama lebarnya dengan Honda Jazz yaitu 1.695 mm. Tapi Freed memiliki wheelbase 2.740 mm, sedang Jazz 2.500 mm. Dan tingginya, 1.715 mm. (Honda Jazz, 1.525 mm).

Interior Honda Freed yang lega tetap bisa dibagi dalam tiga zona, yaitu ruang duduk bagian depan yang lega dengan instrumen panel yang memberi kesan luas. Lalu di baris kedua yang nyaman, lega, dan mewah dengan captain seat, serta baris ketiga yang multifungsi, dapat digunakan untuk penumpang dan bagasi hingga total kapasitas 672 liter.

Uniknya ketiga baris tempat duduk di dalam Honda Freed dengan sangat mudah dapat diakses berkat konsep desain “Walk-Through Cabin”, yang memungkinkan penumpang bebas berpindah tempat duduk dengan nyaman tanpa halangan berkat lantai/dek yang didesain rata.

New Atmosphere

Konsep open café yang dipilih Honda membuat pengendara dan penumpang merasakan sensasi “nongkrong” di café dengan nyaman. Sudut pandang tetap luas di tiap bangku penumpang karena desain kaca depan dan jendela dibuat lebih lebar serta pilar didesain lebih ramping untuk mengurangi blind spot. Yang pasti mata tetap termanjakan oleh pemandangan di luar mobil.

Desain double-layered dashboard juga diciptakan selain untuk memberikan sensasi meja di café juga menunjang fungsi sebagai tempat untuk menaruh barang tanpa menggangu kinerja ABS saat terjadi kecelakaan. Perangkat audio Double DIN, radio/CD/MP3 with USB-port yang dirancang khusus untuk i-Pod juga memberikan kesenangan bagi seluruh penumpang.

New Level of Luxury & Comfort

“Berdasarkan riset kami, konsumen medium MPV sebenarnya juga mendambakan kenyaman sekelas premium MPV. Dan kita coba memberikan kenyamanan yang sama di Honda Freed,” ungkap Jonfis Fandi, Marketing & After Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM). Artinya meski compact tapi kenyamanan tetap nomor satu.

Selain captain seat, bangku baris pertama dan kedua juga dilengkapi dengan hand rest. Bahkan desain joknya yang mewah juga di rancang selevel dengan Honda Accord. Dua bangku di baris kedua juga tidak hanya bisa direbahkan (reclining) tapi juga bisa digeser (sliding).

Agar pandangan lebih luas konsep theatrical cabin yang dipilih menciptakan pandangan luas karena bentuk bangku yang bertingkat layaknya seperti di bioskop. Dan paling membedakan dengan MPV kebanyakan adalah fitur power sliding door yang bisa diaktifkan dengan remote control atau tombol di dashboard.

New Performance

Nah konsep “Man Maximum, Machine Minimum” benar-benar diterapkan di sektor performance. Mesin kecil, 1500cc dipilih agar ruang kabin lebih lapang. Namun pemilihan mesin ini bukan berarti mengorbankan performa. Mesin Honda L15A yang digunakan oleh Honda Freed sudah digunakan dan terbukti tangguh sejak generasi pertama Honda Jazz.

Meski hanya 1500cc namun teknologi i-VTEC nya mampu menyemburkan maksimum power hingga 118ps, lebih kecil dari Jazz yang mampu 120 ps. Namun torsi Freed 146 Nm, lebih besar dari Jazz yang hanya 145Nm. Torsi yang sedikit lebih besar ini diharapkan mampu menghela bodi Freed yang lebih bongsor dari Jazz.

Sedang teknologi engine yang lainnya sama saja dengan Jazz. Sebut saja tourque boost resonator, peningkat torsi di putran bawah. Shift hold control untuk mengurangi perpindahan transmisi berlebih saat melewati jalan berliku, atau teknologi Electric Power Steering (EPS) dan drive by wire sama dengan Honda Jazz.

New Level Of Safety

Mobil keluarga tidak hanya harus muat banyak penumpang, tapi keamanan anggota keluarga juga sangat penting. Honda Freed dirancang dengan desain bodi monocoque yang menerapkan teknologi G-Force Control (G-CON) dan Advanced Compatibility Engineering (ACETM) yang secara efektif menyerap dan menyebarkan energi benturan saat terjadi tabrakan.

Selain itu Honda Freed juga telah dilengkapi dengan ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake-Force Distribution) dan BA (Brake Assist). Fitur Dual SRS Airbag juga telah tersedia dan bekerja secara simultan dengan sistem sabuk pengaman yang menerapkan teknologi 3-point dan Double Load Limiter.

Aman bukan hanya bagi penumpang, mobilnya sendiri juga harus aman. Makanya Honda Freed juga telah menerapkan system keyless entry. Sementara system immobilizer dan Security Alarm tersedia untuk mencegah pencurian kendaraan.

Harga:

Honda Freed A/T : Rp 237 juta

Honda Freed A/T (with power sliding door & dual airbag) : Rp 257 juta

No comments:

Post a Comment