Jul 14, 2009

VW Seharga Rp 100 Juta Akan Masuk ke Indonesia


Volkswagen (VW) bakal memproduksi mobil seharga Rp 100 juta. Di negeri asalnya, Jerman, mobil ini dinamai Space, sementara di Jepang, Space Up, dan prototipenya sudah ditampilkan di Frankfurt Motor Show pada 2007. Ketika itu, mobil mini ini memiliki desain minimalis serta sentuhan futuristik khas VW dengan tiga pintu.
Mobil ini memiliki dimensi 3.680 mm (panjang), 1.630 mm (lebar), dan 1.569 mm (tinggi). Kecepatan tertinggi dicapai 120 km per jam; rendah karena mengusung mesin listrik berkekuatan 60 dk dengan torsi maksimum 119 Nm.

National Sales Manager PT Garuda Mataram Motor (GMM), selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM) VW di Indonesia, Jonas Chendana, mengatakan, produk ini akan menjadi andalan utama VW di Indonesia jika kelak diproduksi. Dia mengaku, hingga saat ini belum memiliki kepastian. "Kalau sudah diproduksi massal, pasti akan masuk ke Indonesia. Yang menarik, kalau dikonversikan ke rupiah, harga satu unitnya bisa sekitar Rp 100 juta," katanya di Jakarta, Senin (13/7).
Dia berharap, harga ini akan mampu mengembalikan citra VW sebagai mobil "rakyat". Saat ini, lanjutnya, Space Up telah mengalami berbagai pengembangan. Salah satunya, mengenai mesin akan mempunyai beberapa pilihan. "Sudah ada tiga pilihan, yakni 1.200 cc, 1.000cc, dan dibawahnya lagi," ungkap Jonas.
Rencananya, kalau memang dipasarkan di Indonesia, Space Up akan masuk dalam bentuk terurai atau completely knock down (CKD). Pertanyaan utamanya, kapankah hal itu menjadi kenyataan?

No comments:

Post a Comment