Aug 7, 2012

Agar Tak Gagal di Tes Berikutnya

Kompas.com - Pernah mengalami kegagalan dalam tes sebelumnya? Tentu Anda tak ingin gagal di kesempatan-kesempatan selanjutnya.

Berlatih adalah persiapan mendasar yang Anda perlu lakukan sesuai dengan topik tes Anda. Pasalnya, hasil tes akan menunjukkan seberapa besar kemampuan Anda dalam memahami atau melakukan tugas tertentu. Yang penting, Anda sudah mengusahakan yang terbaik.

1. Cobalah meninjau ulang cara Anda mengerjakan tes serupa sebelumnya. Setiap tes membutuhkan persiapan. Tahapan ini setidaknya bisa memperkecil kemungkinan mengulang kesalahan yang sama di masa lalu sehingga Anda bisa memperbaikinya di tes berikutnya.

2. Datanglah lebih awal dari jadwal tes yang sudah ditentukan. Daftarkan terlebih dahulu hal-hal yang Anda butuhkan untuk menghindari panik yang bisa menimbulkan kecerobohan dalam mengerjakan tes. Persiapan yang baik menunjukkan kesiapan Anda akan tugas yang akan diberikan.

3. Jadilah nyaman tetapi tetap waspada.
Pilih lokasi yang nyaman dengan ruang gerak yang cukup seperti yang Anda butuhkan. Jangan membungkuk dan upayakan untuk mempertahankan postur yang baik selama Anda menyelesaikan tes tersebut.

4. Tetap santai dan percaya diri.
Jaga sikap dan ingatkan diri bahwa Anda akan melakukan yang terbaik. Jika Anda panik, tariklah nafas dalam-dalam, dan jangan berbicara dengan peserta tes lain, sebab stres itu bisa menular.

5. Baca petunjuk dengan hati-hati. Ini akan meningkatkan ketelitian dan menghindarkan Anda dari kesalahan.

6. Jika ada waktu, temukan gambaran umum dari tes Anda. Cari beberapa kata kunci dan jika diizinkan, tuliskan catatan yang muncul dalam pikiran Anda.

7. Jawab pertanyaan dengan strategi. Menjawab pertanyaan yang lebih mudah bisa membangun kepercayaan diri Anda. Pada tes objektif, coba lewatkan jawaban yang sudah jelas salah, sedang pada tes esai uraikan jawaban Anda dengan poin-poin secara luas. Sekali lagi, kerjakan terlebih dahulu soal yang termudah.

8. Tahan diri Anda untuk pergi jika Anda dapat menyelesaikan tes sebelum waktu berakhir. Pasalnya, waktu yang tersisa dapat Anda gunakan untuk memeriksa ulang semua jawaban.

9. Segera benarkan jawaban yang keliru atau salah membaca pertanyaannya. Anda juga dapat menemukan informasi dalam tes yang akan mengoreksi jawaban sebelumnya.

10. Memutuskan dan menerapkan strategi belajar yang paling cocok untuk Anda.
Carilah soal yang berhasil Anda jawab, dan soal yang kira-kira menantang Anda. Dengan demikian, dalam persiapan tes selanjutnya, Anda dapat mempersiapkan diri dengan menggali jenis pertanyaan yang sama dengan lebih dalam. Kantor bimbingan akademik atau guru yang Anda percaya bisa memberikan nasihat yang memadai.

No comments:

Post a Comment