Aug 2, 2012

Gawat, Hyundai "Recall" Sonata dan Santa Fe

Kompas.com - Berdasarkan laporan Lembaga Nasional Administrasi Keselamatan Jalan Raya (NHTSA) di Amerika Serikat, Hyundai harus melakukan kampanye perbaikan massal terhadap Sonata dan Santa Fe. Kedua model tersebut terdeteksi memiliki masalah pada kantung udara (airbag) yang tidak bekerja semestinya.

Untuk Sonata yang bermasalah produksi 2012 - 2013 jumlahnya mencapai 22.512 unit. Menurut penelitian NHTSA, Kantung udara samping kemungkinan akan mengembang tanpa sebab yang dapat melukai ataupun menghalangi pandangan pengemudi sehingga bisa berujung kecelakaan.

Masalah serupa juga dialami Santa Fe produksi 2007-2009 berjumlah 199.118 unit. Bedanya, sensor kantung udara penumpang depan tidak bisa mendeteksi bobot orang dewasa yang berukuran kecil. Ditakutkan airbag tidak mengembang saat terjadi kecelakaan yang dapat mengakibatkan cedera.

Pihaknya secara serempak akan melakukan kampanye perbaikan massal mulai bulan depan. Pelanggan akan dihubungi dan dijadwalkan untuk melakukan penggantian secara gratis.

No comments:

Post a Comment