Aug 3, 2012

Toyota Siapkan FJ Cruiser untuk Indonesia

Detik.com - Di tahun 2012 ini, SUV tengah menjadi tren, banyak pabrikan yang merilis SUV baru. Perkembangan cukup signifikan tersebut menyulut Toyota untuk memasarkan model terbaru SUV. Fortuner atau Rush? Bukan, tetapi FJ Cruiser!

Toyota saat ini diketahui tengah menjajaki mobil yang diproduksi di Hamura Jepang dan Guangzhou China tersebut untuk konsumennya di Indonesia.

"Iya, kita memang lagi study," aku General Manager Corporate Planning and Public Relation PT Toyota-Astra Motor Widyawati Soedigdo kepada detiOto, Jumat (27/7/2012).

Ia tidak menyebutkan secara gamblang kapan mobil yang mengambil inspirasi dari si legendaris Hardtop ini diluncurkan di Tanah Air.

Namun menurutnya potensi berkembangnya mobil FJ Cruiser ini di Indonesia cukup layak, pasar yang dituju sudah terbuka lebar.

"Belum diputuskan (waktu peluncuran)," tambahnya.

Mesin FJ Cruiser dalam foto di atas menggunakan mesin 1GR-FE berkapasitas 4.000 cc berteknologi Double Variable Valve Timing-intelligent (D-VVT-i ).

Mesin besar itu dikawinkan dengan transmisi super pintar 5 percepatan otomatis yang disebut Super ECT. Mesin satu itu diklaim hanya menjangkau jarak 8,4 km per liter dengan emisi gas buang (CO2) mencapai 276 g/km.

Untuk performa, Toyota merancang SUV FJ Cruiser untuk medan on road dan off-road. Kaki-kakinya bisa berubah dari setingan 4x2 ke 4x4 meski mobil tengah berjalan.

Berapa harganya? Di Jepang, mobil 4 penumpang dibanderol mulai 3.140.000 yen Rp 382 juta. Masuk Indonesia, SUV FJ Cruiser bisa ditaksir mencapai Rp 500 juta.

FJ Cruiser selama ini masuk ke Indonesia melalui jalur importir umum.

No comments:

Post a Comment