Sep 26, 2012

Facebook Matikan Fitur Pengenal Wajah

Detik.com - Fitur facial recognition atau pengenalan wajah di Facebook kini telah lenyap. Setidaknya di kalangan pengguna Facebook Eropa. Raksasa jejaring sosial tersebut harus menuruti perintah regulator terkait dengan privasi pengguna.

Data Protection Commissioner (DPC) Irlandia menilai fitur tersebut mengancam privasi pengguna, karena memungkinkan wajah dan nama seseorang dikenali saat melakukan 'tag' foto.

Perintah ini dikeluarkan di Irlandia karena operasional Facebook di Eropa berpusat di sana. Billy Hawkes dari DPC yang melakukan penyelidikan ini mengaku senang atas kesediaan Facebook menghapus fitur tersebut di Eropa.

"Saya puas hasil peninjauan memperlihatkan komitmen yang jelas dan berkelanjutan terhadap tanggung jawab perlindungan data dan privasi pengguna," ujarnya seperti dikutip detikINET dari Reuters, Senin (24/9/2012).

Meski penghapusan fitur secara keseluruhan baru akan dilaksanakan pada 15 Oktober mendatang, pengguna Facebook baru sudah tidak bisa mengakses fitur tersebut sejak sekarang.

"Berdasarkan hasil diskusi dengan regulator di Irlandia, kami setuju untuk menghilangkan fitur Tag Suggest di Eropa," demikian pernyataan Facebook.

Dikatakan Facebook, pihaknya akan bekerja sama dengan pihak berwenang Irlandia terkait dengan cara yang sesuai dalam mendapatkan izin pengguna dalam mengimplementasikan teknologi semacam ini.

No comments:

Post a Comment