Sep 11, 2012

Agar Tak Susah Bujuk Anak Minum Obat

Kompas.com - Membujuk anak-anak untuk minum obat di kala sakit memang tak mudah.Sebab dalam bayangan anak, obat pasti rasanya pahit, sehingga mereka tidak suka jika harus minum obat.

"Sebenarnya tidak semua penyakit membutuhkan obat, Namun pada kondisi tertentu, misalnya demam, mereka tetap harus diberi obat agar cepat sembuh dan tidak bertambah parah," ungkap dr Atilla Dewanti, SpA, dari Brawijaya Women and Children Hospital, dalam talkshow daycare di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Untuk mempermudah anak-anak meminum obatnya, Atilla mengungkapkan beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Beri pengertian
Tak mudah memang bicara pada anak, khususnya untuk melakukan hal-hal yang tak disukainya. Namun, Anda harus tetap berusaha agar ia mau mendengarkan Anda dan meminum obatnya. "Beri dia pengertian tentang kondisinya, dan apa yang terjadi jika ia tak meminum obatnya," jelasnya.

Hal ini dilakukan agar anak benar-benar tahu akan kondisi yang dihadapinya, dan bukan untuk menakut-nakutinya. Ketika ia tahu kondisi dan akibat tak minum obat, ia pasti akan mengikuti saran Anda untuk minum obat.

Hanya saja, pastikan untuk memberinya informasi yang tidak menakutinya. Anda cukup menjelaskan akibat negatif bila tak meminum obat ini dengan kata-kata yang lebih halus. Misalnya, sakitnya akan bertambah parah dan tidak bisa bermain bersama teman-temannya dalam waktu lama.

2. Beri contoh
Cara paling mudah untuk mengajarkan anak minum obat adalah dengan memberi contoh. "Anak-anak di atas usia satu tahun memang paling suka meniru orang lain. Maka, beri contoh padanya untuk minum obat agar ia menirunya," sarannya. Obat anak-anak memiliki dosis yang rendah, jadi bila Anda mencobanya sedikit untuk memberi contoh, Anda tak akan terkena efeknya.

3. Beri pilihan rasa obat
Obat-obatan untuk anak biasanya memiliki beberapa pilihan rasa. Misalnya, sirup obat batuk dengan rasa jeruk, strawberry, apel, dan lain-lain. Berikan kebebasan memilih rasa yang disukainya agar Anda lebih mudah untuk membujuknya minum obat.

No comments:

Post a Comment