Nov 28, 2013

Gara-gara Minum Air Sungai, Seekor Komodo di KBS Mati

Ilustrasi
Detik.com - Seekor komodo koleksi Kebun Binatang Surabaya (KBS) mati. Komodo jantan berusia sebelas tahun ini mengalami gangguan ginjalnya hingga tidak berfungsi.

Humas KBS Agus Supangkat mengatakan gangguan ginjal yang dialami komodo tersebut disebabkan air minum yang dikonsumsinya tanpa melalui proses water treatment.
"Suplai air minumnya kan didominasi dari Kali Surabaya," katanya tanpa menyebut sungai yang dimaksut , Selasa (26/11/2013).

Sementara, Direktur Operasional KBS drh Liang Kaspe membenarkan penyebab kematian satwa tersebut. Menurutnya, air minum yang berasal dari Kali Surabaya punya kualitas buruk. Meski masih bisa dikonsumsi, namun beresiko merusak ginjal.

Tim dokter sebenarnya sudah berusaha merawat begitu mengetahu gejala awal gangguan pada komodo tersebut pada seminggu lalu. Sejak saat itu, tim KBS sudah memberi perhatian dan perawatan terhadapnya.

"Dia tiba-tiba diam, lemas walaupun nafsu makan masih normal. Tapi karena komodo termasuk satwa liar yang kuat, maka gejala itu baru terlihat ketika kondisinya sudah parah," ugkapnya.

Mulai Juli 2013, kata Liang, KBS tengah melakukan peralihan sumber air minum dari Kali Surabaya ke perusahaan daerah air minum. Dipastikan air minum bersih itu membutuhkan waktu setahun untuk bisa dijangkau seluruh satwa.

Sementara itu, koleksi komodo di KBS saat ini tersisa 58 ekor. 18 jantan, 15 betina dan 25 anakan yang belum diketahui jenis kelaminnya.

No comments:

Post a Comment