Nov 1, 2013

Pedagang Mobkas "Ketar-ketir" dengan Mobilio, Bukan Mobil Murah

Kompas.com - Datangnya Honda Mobilio sebagai pemain baru di segmen MPV bawah mulai tahun depan, ternyata lebih ditakuti para pedagang mobil bekas ketimbang 'mobil murah'. Selain terjun di pasar 'gemuk', Mobilio juga mendobrak secara desain dan ekspektasi.

"Orang lebih menunggu MPV. Di pasar mobil bekas, banyak yang menunda beli Avanza, Xenia, atau Ertiga, dengan alasan menunggu Mobilio. Mungkin karena fresh, apalagi Honda, yang di kalangan orang mobil bekas lebih menjual secara nama," kata Herjanto Kosasih, Senior Manager Marketing WTC Mangga Dua, (30/10/2013).

Meski demikian, "nafas" untuk para pedagang mobil bekas masih cukup panjang, karena Mobilio di tahap awal tidak banyak jumlahnya. Datsun Go+ yang juga muncul di deretan mobil tujuh penumpang juga dirasa akan mengganggu, meski tak sebesar gangguan Mobilio. Herjanto menganggap merek masih dominan di kepala konsumen.

LCGC
Meski demikian, bukan berarti LCGC tidak mengganggu penjualan mobil bekas. "Dampak sesaat yang timbul dari mobil LCGC memang ada, namun seberapa besar dampak tersebut terhadap penjualan mobil seken, belum dapat diukur. Walau demikian, khusus mobil seken sudah memiliki segmen pasar sendiri," ujar Herjanto.

Di bursa mobil WTC Mangga Dua sendiri sampai saat ini masih stabil penjualannya, berkisar di 2.300 an unit setiap bulan.

No comments:

Post a Comment