Aug 27, 2013

Toyota FJ Cruiser "Game Over"!

Kompas.com - Kehebatan Toyota FJ Cruiser mengarungi berbagai medan segera berakhir. SUV mewah yang dirilis pada 2006 sebagai model 2007 adalah ”traktor mewah” pengganti  FJ40 Land Cruiser yang berjaya di era 1960-1980-an. FJ Cruiser akan berakhir setelah 2014. Pesanan terakhir dibatasi sampai Mei tahun, seperti yang dilansir autoblog.com berdasarkan informasi fleet.toyota.com.

Keputusan "game over"  SUV ini kemudian  dihubung dengan omongan Bill Fay, Group Vice President and General Manager Toyota Motor Sales (TMS) beberapa waktu lalu. Menurutnya, kendaraan off-road masa depan akan mengkuti tren unibody (bodi dan rangka menyatu), tak lagi body-on-frame (bodi di atas rangka)yang dilakukan selama ini.

Dibangun di atas platform Tacoma, mobil penjelajah itu hanya punya satu mesin, 4.000cc V6 yang menghasilkan torsi 367 Nm dan bertenaga maksimal 258 PS dengan transmisi dua pilihan, manual enam percepatan atau otomatik lima percepatan. Jarak bodi dengan tanah yang tinggi, serta gigi dengan nafas pendek, membuat kendaraan ini cocok untuk blusukan. Tapi ada kritik yang dilontarkan oleh pengamat, desainnya oke, namun area blind spot-nya besar serta ruang kargo yang sempit.

Kendati demikian, di Amerika Serikat model ini menjadi salah satu idola kaum off-roader. Pada tahun pertama dipasarkan, langsung laku 56.225 unit. Hanya padsa tahun lalu, penjualannya turun drastis, tinggal 3.656 unit. Penggantinya, belum ada informasi.

No comments:

Post a Comment