Mar 31, 2016

Rincian Biaya Tes Dyno Sepeda Motor

Kompas.com - Ingin mencari tahu spesifikasi performa sepeda motor, seperti tenaga, torsi dan top speed, bisa menggunakan metode dyno test, dengan alat dynojet. Metode ini bukan hanya untuk kendaraan roda dua tertentu saja (berkubikasi besar), tapi semua jenis.

Namun, memang tidak semua bengkel memiliki alat-alat untuk bisa melakukan dyno test. Salah satu bengkel yang bisa disambangi yaitu Sportisi Motorsport, yang berlokasi di jalan Tenggiri Rawamangun. Ini merupakan bengkel  yang sudah authorize dari perusahaan Dynojet Amerika.

“Dyno test umumnya untuk mengetahui tenaga, top speed dan torsi, biayanya Rp 250.000 untuk sepeda motor 250cc ke bawah. Sementar untuk yang kubikasi mesinnya di atas 250cc, naik Rp 50.000, menjadi Rp 300.000,” ujar Bramantio, pemilik bengkel Sportisi Motorsport, Sabtu (19/3/2016).

Selain itu, kata Bramantio, jika ingin menggunakan alat dyno test untuk menyetel sepeda motor, biayanya dihitung per jam. Satu jam pertama Rp 500.000, sementara jam berikutnya Rp 300.000. Ini sudah termasuk operator Sportisi.

“Kemudian ada juga biaya untuk menyetel power comander dengan biaya Rp 1,5 juta, sampai benar-benar jadi dan selesai,” ujar pria yang akrab di sapa Bram ini.

No comments:

Post a Comment