Apr 8, 2011

PAM Lyonnaise Jual Angin

Kompas.com - Sudah puluhan tahun kami berlangganan air pada PAM Lyonnaise DKI (Palyja). Nomor pelanggan 000003817. Air PAM tak bisa diandalkan karena volumenya sangat kecil, tetapi kami tetap berlangganan.


Pada Desember 2009 air PAM berhenti mengalir. Puluhan kali saya menelepon bagian layanan pelanggan Palyja. Belasan kali petugas teknik Palyja datang. Air tetap tak mengalir. Mereka berjanji, keluhan saya akan dilaporkan kepada pemimpin PAM.

Maret-April 2010 Palyja memperbaiki jaringan pipa air minum di sekitar Kelurahan Rawa Barat. Air tetap tak mengalir tanpa penjelasan apa pun. Setahun terakhir ini, meski air tak mengalir sama sekali, tagihan minimum dari Palyja plus denda tetap dikirimkan kepada kami, juga melalui SMS, bahkan disertai ancaman cabut total.

Saya mendatangi bagian layanan pelanggan dan bagian tagihan Palyja di Jalan Darmawangsa, Kebayoran Baru. Jawaban Palyja sangat mengejutkan, ”Bapak harus tetap membayar sewa meteran air meski air tak keluar sama sekali.”

Apakah air Palyja akan mengalir jika tagihan sewa meter dibayar? Jawabannya lebih mengejutkan, ”Kami tak bisa janji apa pun, tetapi Bapak tetap harus bayar sewa meter biarpun air tidak keluar sama sekali.”

FIRMANSYAH BACHTIAR Jalan Cipete IX, Cilandak, Jakarta Selatan

No comments:

Post a Comment