Oct 23, 2010

Bunyi Dalam Kabin Nissan X-Gear

Kompas.com - Saya membeli mobil Nissan X-Gear automatic pada April 2010 di Nissan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Dari baru, mobil tidak nyaman, banyak bunyi di dalam kabin yang berasal dari pintu depan kanan kiri, pintu belakang kanan kiri, kaca depan, juga pintu bagasi. Biasanya bunyi-bunyi seperti ini baru muncul sesudah mobil dipakai tiga sampai lima tahun, di mana mungkin mur-murnya sudah mulai mengendur.

Juga terdapat bunyi-bunyi di bagian setir. Dan yang paling parah adalah adanya bunyi abnormal di bagian bawah roda kanan apabila melintasi lubang. Mobil ini sudah beberapa kali diperbaiki di Nissan Puri Indah, Jakbar, bahkan terakhir kali mobil sampai menginap tiga hari, tetapi tetap saja masalahnya tidak hilang. Bunyi di kaca depan ternyata berasal dari sambungan kaca depan dengan bodi mobil yang tidak sempurna sehingga diperbaiki di Nissan TB Simatupang, Jakarta Selatan, dengan memakai lem Silicone.

Tetapi, banyak bunyi lain di dalam kabin yang tetap timbul di beberapa tempat. Bunyi di setir diperbaiki dengan mengganti joint steer dengan yang baru. Tetapi, bunyi di roda kanan depan tidak bisa diperbaiki meski sudah ada enam komponen yang dicek, seperti stabilizer, dan joint wheel, dan sudah dinyatakan tidak bermasalah, tetapi tetap bunyi tidak hilang dan bahkan bertambah parah.

Saya kecewa dengan kondisi mobil yang dibeli dalam kondisi baru tersebut karena sudah dibongkar pasang berkali-kali, seperti membeli mobil bekas. Sampai saat ini tidak ada solusi yang memuaskan dari pihak Nissan Indonesia.
Then Gustav Galenius Jalan KS Tubun I RT 004 RW 004, Palmerah, Jakarta

No comments:

Post a Comment