Feb 27, 2010

Bebek Matik dari Honda

Skuter matik yang lebih populer dengan singkatannya, skutik, kini mempunyai teman baru, yakni bebek matik. Atau tepatnya, sepeda motor bebek yang menggunakan persneling otomatik continuously variable transmission (CV-Matic Transmission).

Sama seperti skutik, bebek matik ini pun bisa melaju hingga kecepatan maksimum tanpa perlu menggonta-ganti gigi persneling. Perbedaannya, bebek matik masih menggunakan rem kaki untuk mengerem roda belakang.

Bebek matik pertama Honda adalah Wave110i AT, yang di Indonesia dikenal dengan nama Honda Revo 110.

Honda Wave110i diperkenalkan oleh Presiden AP Honda Co Ltd Zenjiro Sakurai di IMPACT Challenger, Muang Thong Thani, Thailand, 18 Februari lalu.

Sejumlah wartawan Indonesia diundang PT Astra Honda Motor untuk mengikuti uji coba bebek matik ini.

Faktor keamanan dan kenyamanan berkendara menjadi pilihan produsen dalam mengembangkan bebek matik ini. Honda Wave110i AT ini dilengkapi tuas brake lock knob yang berfungsi mengunci motor sewaktu parkir. Motor akan kembali bisa dijalankan setelah tuas ditarik kembali.

Standar samping berfungsi sebagai side stand switch yang akan mematikan dan menghidupkan mesin secara otomatis. Mirip fitur yang digunakan pada skutik Honda Vario.

Velg berukuran 17 inci nyaman untuk dikendarai membawa beban berat dan melibas jalan rusak. Boks berbentuk U yang muat 6 liter sangat berguna untuk menyimpan barang, terutama sewaktu hujan seperti bulan-bulan ini.

Hemat bahan bakar

Bebek matik ini sangat hemat bahan bakar karena hanya mengonsumsi 1 liter bensin untuk menempuh perjalanan sejauh 53 kilometer, dengan mengaktifkan fitur ECE 40 MODE.

Pertumbuhan pangsa pasar skutik di Indonesia mengalami kemajuan pesat dalam dua tahun terakhir. Pada tahun 2008, total penjualan skutik mencapai 1.613.673 unit, sedangkan tahun 2009 total penjualan skutik telah mencapai 2.267.200 unit.

Bebek matik ini akan dipasarkan ke negara-negara ASEAN, termasuk oleh PT Astra Honda Motor ke Indonesia. Ada tiga jenis varian warna yang tersedia, yaitu putih-coklat, merah-coklat, dan biru-perak.

Diperkirakan bebek matik ini akan masuk Tanah Air pertengahan tahun 2010. Di Thailand, bebek matik dengan velg jari-jari 17 inch ini dijual dengan harga 44.900 baht atau sekitar Rp 12,59 juta.


No comments:

Post a Comment