Feb 21, 2010

Melongok Lima Varian Baru Yamaha Yang Bakal Melenggang Di 2010

Pabrikan berlambang garpu tala tahun ini bakal meluncurkan beberapa varian baru versi 2010. Sebelumnya sempat beredar kabar kalau pihak PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), ATPM motor Yamaha di Tanah Air, akan merilis tujuh varian terbarunya.

Tahun 2009 lalu YMKI sudah merilis New Jupiter Z 115 cc. Di awal Januari 2010, kubu Yamaha kembali menggebrak pasar motor sport domestik lewat varian New V-Ixion (facelift).

Nah, kabar terbaru yang santer berembus, menyebutkan kalau bakal muncul lagi 5 model baru lainnya di sepanjang tahun macan api ini. Jadi totalnya 7 ekor.

Lima model baru yang kemungkinan bakal muncul tahun ini disebut-sebut seperti Yamaha Byson, Jupiter MX 135 injeksi, Mio ZR, New V-Ixion full-fairing, serta Lexam yang berbasis bebek matik (betik).

Menurut sumber terpercaya, kemungkinan besar tahun ini semuanya bakal muncul secara bertahap. Diperkirakan yang bakal muncul pertama kali adalah Jupiter MX 135 injeksi diprediksi keluar di kuartal kedua, sedangkan V-Ixion full fairing (Yamaha R15 versi India) juga di kuartal kedua.

Sementara Yamaha Byson, line-up product yang masih didatangkan langsung dari tanah Bollywood, India ini akan dihadirkan di akhir Mei atau paling lambat akhir semester pertama.

Sepertinya Byson bakal diproyeksikan untuk mengisi kekosongan di segmen pasar yang sudah jenuh dengan model 2-tak. Dapur pacu memang lebih besar ketimbang V-Ixion, dengan kapasitas murni hingga 153 cc (V-Ixion = 149 cc).

Sayangnya sistem pengabutan bahan bakarnya masih adopsi model konvensional (karburator), tak seperti V-Ixion yang sudah berteknologi injeksi.
Lexam yang sudah di-launching di Vietnam, kemungkinan juga akan hadir di awal semester dua, berbarengan dengan Byson. Sedangkan Mio ZR yang sudah beredar di Thailand, kemungkinan bakal menjadi gongnya yang akan hadir di awal semester dua.

Seputar harga on the road, memang masih menyesuaikan dengan BBN 2010. Tapi sumber tadi menyebutkan, banderol retail Byson akan dibikin maksimal lebih mahal Rp 1 juta dari V-Ixion dan minimal setara dengan sport injeksi Yamaha ini.

Banderol Mio ZR bakal diplot setara Honda Vario CBS, sekitar Rp 15,5 juta. Sedangkan V-Ixion full-fairing sepertinya akan diposisikan paling mahal, sekitar Rp 25 jutaan.

Pembuktiannya bisa Anda saksikan di gelaran Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2010 mendatang. Pastinya bakal tumpah ruah varian baru dari Yamaha.



No comments:

Post a Comment