Feb 21, 2010

Honda New CR-V Facelift, Refinements Style, Safety, Comfort

Naik harga Rp 7 jutaan, versi facelift dari Honda New CR-V yang baru saja diluncurkan hari ini (18/2) kini tampil dengan beberapa penyempurnaan. Penyempurnaan di dalam tubuh SUV terlaris Honda ini ada pada tiga unsur penting yaitu di eksterior, kenyamanan dalam kabih dan penambahan perangkat safety.

Mari kita tengok perubahannya satu persatu dari bagian eksterior. Urusan desain memang secara sepintas tidak ada yang berubah. Kap mesin baru dan desain grill dengan pola honeycomb tidak begitu menegaskan perbedaan. Justru bentuk fog lamp yang kini dibuat lebih oval dan desain bumper bagian bawah sedikit menonjolkan perbedaan.

Hal yang sama juga terlihat di bagian belakang. Hampir tidak ada perubahan berarti meski sebenarnya New CR-V ini sudah menggunakan bumper belakang dan reflector dengan desain baru. Yang paling mudah dibedakan dari sisi eksterior adalah desain pelek yang sangat berbeda karena terlihat lebih sporty dan dinamis.

Bagaimana dengan bagian interiornya? Rupanya kenyamanan dalam kabin lebih banyak mendapatkan sentuhan dari PT Honda Prospect Motor (HPM). Warna LCD di panel speedometer yang dulu hitam kini jadi lebih cerah dengan warna biru. Audio double din yang dulu menjadi perangkat standar kini diupgrade dengan layar touch screen yang mampu memutar DVD.

Untuk kenyamanan pengendaranya kini untuk mengatur posisi duduk sudah dilengkapi dengan 8 way power adjuster. “Pengendara bisa benar-benar mengatur posisi duduknya dengan sangat presisi,” buka Jonfis Fandi, Marketing & Aftersales Service Director PT HPM.

Selain posisi duduknya bisa diatur lebih fleksibel, hand rest yang menempel di door trim juga didesain lebih lebar, tentunya agar sandaran tangan menjadi lebih lega. Warna karpet yang lebih gelap dan perpaduan warna hitam-silver di door handle juga memberikan kesan lega.
Kenyaman makin lengkap dengan penyempurnaan di suspensi depan. Perubahan ini ada pada bentuk rear compliance bush, tingkat kekakuan katup dan sudut caster yang diklaim dapat meningkatkan stabilitas berkendara khususnya pada kecepatan tinggi.

Dan terakhir adalah penyempurnaan keselamatan berkendara. PT HPM menanamkan perangkat Vehicle Stability Assist (VSA) yang bekerja bersama dengan traction control yang mampu oversteer atau understeer di jalan licin.

Meski begitu urusan dapur pacu tidak ada yang berubah, tetap di bekali dengan dua mesin i-VTEC berbeda kapasitas. Varian tertinggi dibekali i-VTEC 2.400c DOHC dan dua varian di bawahnya menggunakan mesin i-VTEC 2.000cc SOHC.

Dengan segala perubahan ini New Honda CR-V tersebut bakal dilepas dengan harga Rp 386 juta untuk tipe 2.4L A/T, Rp 357 juta untuk tipe 2.0L A/T dan Rp 346 juta untuk tipe 2.0L A/T. Semua harga tersebut sudah merupakan harga on the road Jakarta.


No comments:

Post a Comment