Feb 18, 2010

Suzuki Siapkan 1 Skutik Dan 2 Non-Matik

Selain refreshment produk-produk yang sudah ada untuk meningkatkan market sharenya yang beberapa tahun belakangan anjlok, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), ATPM motor Suzuki di Indonesia juga tengah mempersiapkan 3 model baru untuk 2010.

“Masing-masing 1 motor matik (skutik) dan 2 non-matik. Non-matik terdiri dari sport dan bebek,” bilang Joko Utomo, 2W marketing & sales - 2W head SIS saat ditemui di Gedung Indomobil, di Jl. MT Haryono, Jaktim (29/1).

SKUTIK

Sumbangsih skutik Suzuki terhadap total penjualan Suzuki di 2009 memang tak sebanyak tipe bebek kayak Smash dan Satria FU150.

Namun perkembangan pengguna motor yang mulai beralih ke skutik belakangan ini tetap diwaspadai Suzuki. Tak heran bila selain memastikan akan memfacelift ketiga skutik yang lebih dulu nongol (Skywave, Spin dan Skydrive), pabrikan berlambang S ini juga akan memasarkan 1 lagi model baru di 2010.

Namun saat ditanya skutik baru apa yang dimaksud, Joko masih enggan membeberkannya. Bahkan ketika disinggung apakah itu Suzuki Jelato yang belum lama diperkenalkan di Thailand.

“Tunggu saja tanggal mainnya. Pasti kami akan beritahu kalau sudah mau di-launching. Mudah-mudahan kalau tidak ada halangan di kuartal ke-3 atau paling lambat kuartal 4 sudah bisa hadir di sini,” ujarnya.

Menurut kabar dari sumber terpercaya kami, skutik yang dimaksud memang Jelato. Konsepnya retro yang disasarkan buat kawula muda, terutama kaum hawa. Di Thailand, skutik ini mengusung mesin 125 cc injeksi (DCPFi). Bobot kosongnya sekitar 105 kg. Konon bisa digeber sampai 120 km/jam. Namun belum diketahui berapa harga pasarannya di sana.

BEBEK

Jenis ini yang masih tanda tanya besar jika memang menurut Joko akan dilansir Suzuki di 2010. Pasalnya motor ini rencananya akan dikeluarkan lebih dulu oleh SIS dibanding 2 model baru lainnya. “Yakni di kuartal ke 2. Mudah-mudahan di Bulan April,” ujar Joko.

Sementara baik di Thailand maupun di negara Asia lainnya, Suzuki belum terlihat mengeluarkan bebek model baru. Tapi bisa jadi, bebek tersebut mengambil basis produksi di Indonesia. Sehingga bakalan diperkenalkan pertama di Tanah Air.

SPORT

Untuk jenis ini, Joko juga enggan berkomentar lebih jauh. Namun kabar yang berembus, motor baru dimaksud adalah lanjutan dari Thunder 125 yang tampilannya diubah radikal. “Thunder 125 memang akan direfreshment. Terutama pada bagian bodi dan tangki yang dibuat lebih ramping. Tapi konsepnya masih tetap motor turing,” ujar Joko.

Bukan tidak mungkin motor yang dimaksud adalah Suzuki GS150R yang Februari 2009 lalu di-launching di India. Tapi jika menilik kapasitas mesin GS150R yang mencapai 150 cc, ada indikasi untuk sasis dan bodi memang diaplikasi dari GS 150R.

Namun mesin tetap milik Thunder 125. Atau bisa juga Thunder 125 berganti model jadi Thunder 150 atau keluar versi 150 cc-nya.

Oh ya, GS150R ini di India dijual seharga 59.000 rupee atau sekitar Rp 12 jutaan (kurs rupiah terhadap rupee India Rp 205). Rencananya sport baru yang dibilang Joko akan dilansir di kuartal 3 atau 4.


No comments:

Post a Comment