Mar 14, 2010

Pasar Motor Sport Bekas, Yamaha V-ixion Jagonya

Di kelas motor bebek dan skutik, Honda boleh menempel ketat Yamaha di medan perang motor second alias bekas. Tapi bila sudah membicarakan motor sport, Yamaha menang berkat V-ixion.

Hal tersebut dapat terlihat di berbagai sentra motor bekas yang ada di seputaran Jakarta. Motor sport injeksi pertama di Indonesia ini sudah pasti terlihat paling stabil angka jual kembali alias resale velue-nya.

Karena untuk lansiran tahun 2009, motor yang menggendong mesin berkapasitas 150 cc ini tergolong paling stabil dengan harga jual bekas mencapai angka Rp 18 jutaan. Angka tersebut turun sekitar 3 jutaan dari harga barunya yang mencapai angka Rp 20,950 juta.

Namun begitu, keperkasaan ini masih dibayangi ketat oleh motor sport Honda yang menggendong mesin berkapasitas 160 cc, Mega Pro. Di sini, nama besar Mega Pro masih cukup kuat dan berwibawa.

Harga jual Mega Pro lansiran tahun 2009 di pasar motor second Jakarta masih berada di angka 17,5 jutaan. Turun sekitar Rp 3,1 jutaan dari harga barunya yang dibanderol sebesar Rp 20,590 juta.

Sementara motor sport Suzuki, Thunder 125 lansiran harus 2009 harus puas terjual dengan harga Rp 9-9,5 jutaan saja. Turun sangat jauh dari harga jual barunya yang mencapai Rp 16,275 juta.

Begitu pula dengan Scorpio Z. Motor sport Yamaha yang memiliki mesin berkapasitas 225 cc ini pun ternyata tiadk bisa meniru keberhasilan adik kandungnya V-ixion.

Sebab di pasaran motor second, Scorpio Z lansiran tahun 2009 ternyata hanya dilepas pedagang mokas alias motor bekas dengan harga hanya sekitar Rp 17,5 jutaan saja.

Harga ini malah sedikit lebih rendah dari harga V-xion, padahal harga jual Scorpio diatas harga V-Xion. Harga jual turun Rp 4,5 jutaan dari harga baru Scorpio Z yang saat ini mencapai angka Rp 22 juta. Cukup jauh kan.

Sementara macannya Honda, Tiger, lansiran tahun 2009 masih dilepas dengan harga sekitar Rp 21,5 jutaan, turun Rp 3,4 juta dari harga barunya yang mencapai Rp 24,890 juta.

Sementara motor crossover Honda City Sport 1 atau biasa disingkat CS1 dilepas di FIF leasing resmi Honda dengan harga sekitar Rp 14,5 juta.

Uniknya, di beberapa showroom tidak resmi CS1 malah dijual dengan harga lebih rendah yakni hanya Rp 13-13,5 jutaan saja.


No comments:

Post a Comment