Jan 14, 2012

Wuih, Ford "Recall" 244 Ribu Lebih Escape l

Kompas.com - Ford Amerika melakukan kampanye perbaikan alias "recall" terhadap varian Escape berjumlah 244.530 unit berdasarkan surat yang dikeluarkan Lembaga Nasional Keselamatan Jalan-raya (NHTSA). Program ini berlaku untuk produk yang dirakit dari 22 Oktober 1999 hingga 19 Juli 2002 lantaran ada kerusakan pada sistem pengereman.

Bagian yang terkena sarana penyimpanan minyak rem di dekat master rem terjadi kecocoran pada karet penutup yang menyebabkan timbulnya rembesan. Selain minyak rem berkurang, udara masuk ke ruang penyimpanan yang bisa menimbulkan kondensasi. Akibatnya, karat menyerang silinder master dan kinerja rem menjadi tidak maksimal.Parahnya, rem bisa menjadi blong yang berakibat timbulnya kecelakaan.

NHTSA juga menemukan kerusakan lain akibat kebocoran tersebut. Rembesan minyaknya ada yang mengenai kabel koneksi modul ABS yang dapat menimbulkan karat dan bisa terjadi hubungan pendek. Guna mencegah, Ford menarik semua model untuk diperbaiki secara cuma - cuma. Penggantian bukan hanya tempat penyimpanan minyak melainkan juga kabel koneksi modul ABS. Perbaikan dan penggantian akan dimulai serentak di diler - diler mulai 23 Januari mendatang.

Mengingat keterbatasan komponen, Ford telah mengatur kuota di setiap diler dan penjadwalan ulang bagi mereka yang kehabisan. Pihaknya akan menghubungi pelanggan ketika barang sudah tersedia.

No comments:

Post a Comment