May 9, 2009

Avanza Cocok Buat Keluarga Baru

Bagi Anda yang baru berkeluarga dengan tingkat kemapanan level menengah ke bawah, bisa lirik small MPV (Multipurpose Vehicle) ini. Mobil ini kali pertama dikenalkan pada awal 2004 yang langsung mengambil hati jutaan masyarakat Indonesia.

Mengusung kapasitas mesin 1.300 cc yang terkenal irit dengan daya tampung tujuh penumpang. Nah, bila Anda membeli versi 2004 hingga akhir semester pertama 2006, tidak menutup kemungkinan mobkas yang dipilih masih terjangkit penyakit mesin ndut-ndutan. Namun, bila Anda melirik versi penjualan semester kedua 2006, maka Avanza itu sudah mendapatkan mesin VVT-i.

Avanza sudah mengusung konstrusi bodi monokok dan suspensi per keong di seluruh rodanya. Model itu seakan menjawab kekecewaan konsumen atas kerasnya suspensi per daun Toyota Kijang ‘kapsul’. Fitur Avanza pun tergolong lengkap. Varian G yang menjadi strata tertinggi, sudah mengadopsi power steering, central door lock, spion elektrik, power window, cup holder, foglamp, wiper kaca belakang, dan bangku yang bisa dilipat untuk mendapatkan ruang penyimpanan yang luas.

Mesin generasi pertamanya berkapasitas 1.300 cc 16 katup dengan semburan tenaga 86 dk yang sama persis dengan milik Daihatsu YRV. Bedanya terletak pada penggunaan teknologi katup variable dimana Avanza belum menerapkannya. Sama halnya dengan Xenia , Avanza pun terkenal akan keiiritan BBM-nya. Untuk soal pajaknya, tak perlu khawatir karena tak bakalan banyak mengeluarkan isi kantong.

Di sinilah alasan mengapa Avanza jadi mobil yang masih banyak peminatnya. Ini mobil yang punya aneka pilihan warna masuk kasta favorit di kelas mobil bekas. Untuk ilustrasi harga bisa ambil contoh Avanza 2005 tipe E Rp 100-105 juta, dan E VVTi 2006 Rp 111-115 juta. Atau dengan tipe yang sama keluaran 2007 dibanderol Rp 116-120 juta.

No comments:

Post a Comment