May 10, 2009

Penjualan Honda Blade Anjlok

Salah satu ujung tombak penjualan motor Honda di kelas 110 cc, Honda Blade 110R, pada bulan April lalu, penjualannya mengalami penurunan yang sangat drastis.

Hal ini tidak serupa dengan prediksi Presiden Direktur Astra Honda Motor (AHM), Miki Yamamoto, yang pada saat peluncuran Blade Desember 2008 lalu, begitu yakin Honda Blade akan laku di pasaran dan memimpin pasar di kelas bebek 110 cc.

"Dengan hadirnya Honda baru ini, kami percaya diri banget untuk tetap memimpin di segmen bebek di Indonesia," ujar Presdir AHM Miki Yamamoto dalam peluncuran Honda Blade di Blitz Megaplex, West Mall Grand Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta, pada Desember 2008 lalu.

Blade yang memang ditujukan untuk segmen anak muda yang mencintai performa dan penampilan ini, berdasarkan data AISI bulan April 2009, Honda Blade hanya laku terjual sebanyak 36 Unit. Angka tersebut adalah angka penyaluran produk dari pabrik ke dealer atau biasa di sebut wholesales.

Hal itu sangat jauh berbeda dengan catatan penjualan Honda Blade di bulan Maret yang mencapai 7.554 unit.

Sementara kompetitor Blade, yakni Jupiter Z, meskipun mengalami penurunan, namun tidak sedrastis Honda Blade.

Jupiter Z, mengalami penurunan di bulan April dengan catatan penjualan sebanyak 2.949 unit, sementara di bulan Maret lalu, tercatat sebanyak 4.986 unit.

No comments:

Post a Comment