May 30, 2009

Profil VW Touran


Sebagai Multi Purpose Vehicle (MPV), mata kita pasti terbelalak dengan spesifikasi performa VW Touran. Mesin TSI nya masih satu platform dengan yang dipakai VW Golf GTi, meski hanya 1400cc namun mampu menyemburkan tenaga hingga 140 hp/5600 rpm dan torsinya mencapai 220 NM pada putaran yang cukup rendah di 1500 rpm.
Perpaduan Performance Comfort & Safety
Apalagi masih ditambah transmisi automatic yang sudah DSG (dual sift gearbox) yang membuat perpindahan gigi sangat cepat. Teknologi transmisi ini banyak di pakai pada sedan-sedan sport dan mewah seperti Mitshubishi Evo 10.
“Dengan performa yang begitu baik ini, sayang rasanya bila hanya jadi penumpang,” ungkap CEO PT Garuda Mataram Motor (GMM), ATPM VW di Indonesia, Andrew Nasuri. Apalagi konsumsi bahan bakarnya tetap irit. VW mengklaim mobilnya mampu berjalan 14 kilometer hanya dengan satu liter premium.

Meski begitu VW Touran tidak lupa diri. Sebagai mobil penumpang seven seater fasilitas dan kenyamanan mengangkut keluarga tetap diperhatikan. Ruang kabin tetap lega, asiknya lagi untuk keperluan mengangkut barang jok di baris ketiga dan kedua bisa dilipat dan dilepas dengan mudah.
“Seorang ibu rumah tangga pun saya yakin bisa melepasnya sendiri. Karena tinggal menekan tuas dan menariknya,” terang Eko Yulianto, Training Manager PT GMM. Pria berkulit sawo matang ini juga menjelaskan kalau dalam VW Touran juga totalnya ada 13 konsol untuk menyimpan barang.
Keamanan untuk penumpang dan pengemudi pun tak ketinggalan. “Khusus yang ini, pabrikan Eropa seperti VW sangat konsen pada urusan safety,” yakin Eko. Buktinya pada mobil ini terdapat 6 air bag. Selain itu fitur safety yang mendukung handling juga tersedia.
Mulai dari Electronic Stability Program (ESP), Anti Lock Brake System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Hydrolic Brake Assist System (HBS), Traction Control System (TCS), sampai Electronic Differential Lock (EDL) jadi fitur standar pada mobil ini.
“Selain itu di pintu juga terdapat side impact protection, dan di bagian depan-belakang juga dilengkapi dengan fitur crumple zone untuk melindungi penumpang saat terjadi tabrakan dari berbagai sisi,” lanjutnya. Selain penumpang keselamatan pejalan kaki juga turut di jaga dengan fitur pedestrian protection.
“Pada bagian bumper depan belakang bahannya terbuat dari plastik lentur, saat ada pejalan kaki yang terserempet benturannya bisa diminamalisir. Selain itu bahan ini juga ramah lingkungan karena bisa di daur ulang,” terang Eko lagi.
Gimana? Performanya galak, ruang kabinnya fungsional dan safetynya cukup baik. Di atas rata-rata MPV yang beredar di Indonesia!
Spesifikasi:
Engine : 4 Cilinder Petrol Engine, DOHC
Displamence : 1390cc
Max Output : 140hp/5600rpm
Max Torque : 220 Nm/1500rpm
Transmission : Dual Clutch Gearbox DSG full automatic electronic control & Triptonic system
Dimension : 4407x1794x1635mm
Top Speed : 198 kph
Acc 0-100 kph : 9,7 s
Harga : Rp 395 juta (On The Road Jakarta)

No comments:

Post a Comment