Jan 23, 2014

Beruang Madu Mati Terkena Jerat Babi Hutan

Ilustrasi
Detik,com - Seekor beruang madu (Helarctos malayanus) yang terluka, masuk ke perkampungan warga di Kabupaten Labuhan Batu Utara, Sumatera Utara (Sumut). Sebelum sempat diobati, beruang itu akhirnya mati.

Kepala Seksi Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Wilayah IV Kasta Sembiring menyatakan, beruang madu itu mati saat dalam perjalanan menuju Medan. Kondisi lukanya sudah terlalu parah.

"Saat dalam perjalanan sudah mati," kata Sembiring kepada wartawan, Selasa (21/1/2014).

Beruang madu betina dewasa yang tingginya sekitar dua meter itu masuk ke permukiman warga di Desa Sialang Taji, Kecamatan Kualuh Selatan, Kabupaten Labuhan Batu Utara pada Senin (20/1). Kondisinya terluka parah di bagian kaki.

"Kemungkinan terkena jerat yang untuk babi hutan," kata Sembiring.

Warga kemudian menangkap beruang itu, dan menghubungi pihak berwenang. Pihak kehutanan setempat lantas berupaya mengobati beruang itu dengan membawanya ke Medan, namun akhirnya mati.

Beruang madu merupakan binatang yang dilindungi dan terdaftar dalam Appendix I (CITES) Convention on International Trade in Endangered Species). Labuhan Batu Utara merupakan salah satu daerah tempat populasi beruang madu di Sumut, namun jumlahnya terus menyusut karena perburuan dan alih fungsi hutan.

No comments:

Post a Comment