Jan 19, 2014

Warga Tangkap Kambing Gunung yang Turun dari Lereng Sinabung

Detik.com - Letusan Gunung Sinabung menyebabkan seekor kambing gunung sumatera (Capricornis sumatraensis) masuk ke perkampungan. Warga kemudian menangkapnya. Hewan langka ini nyaris menjadi lauk makan para pengungsi.

Salah seorang warga Pelin Sembiring menyatakan, kambing itu nyasar ke Desa Beras Tepu, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut). Warga menangkapnya sekitar pukul 12.00 WIB, Jumat (17/1/2014).

"Ini ada tanduknya. Beratnya mungkin sekitar seratus kilogram. Besar kemungkinan turun dari gunung karena kondisi gunung yang terus meletus," kata Pelin kepada wartawan.

Setelah berhasil ditangkap, kambing itu diikat dan diamankan. Seterusnya dibawa dengan mobil bak terbuka ke posko utama pengungsian di Kecamatan Kabanjahe, Karo.

Semula warga sudah berencana akan memotong binatang itu, dan akan dijadikan lauk makan para pengungsi. Namun karena menduga ini hewan langka, maka akhirnya dibawa ke posko pengungsian. Tim ahli rencananya datang untuk mengecek keberadaan hewan yang hidup di dataran tinggi ini.

Gunung Sinabung kini berstatus awas sejak 24 November 2013, dan masih terus meletus hingga saat ini. Akibat bencana tersebut, sebanyak 26.174 jiwa atau 8.161 keluarga terpaksa mengungsi. Mereka tersebar di 39 titik pengungsian.

No comments:

Post a Comment