Jan 10, 2014

Menhut: Melani Memang Disarankan Dieuthanasia, Tapi Kita Mau Usaha

Detik.com - Melani masih dirawat di Taman Safari Indonesia, Bogor, Jawa Barat. Dokter menyarankan agar harimau sumatera itu disuntik mati, namun Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan masih berharap Melani bisa sehat seperti semula.

"Melani memang disarankan dokter untuk dieuthanasia (disuntik mati), tapi kan kita mau tetap usaha. Tapi ya memang Melani ini tak bisa sehat seperti yang lain," kata Zulkifli di Gedung Manggala Wanabakti, Jl Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Rabu (8/1/2014).

Zulkifli mengatakan, selain sudah tua, Melani juga sudah sejak kecil dikasih daging berformalin. "Makanya dari situ kita tutup (izin pemeliharaan Melani) lalu kita ambil alih, tapi malah saya dimaki-maki," katanya.

Melani kurus kering karena tak mendapat perawatan maksimal di Kebun Binatang Surabaya (KBS). Sejak lahir tahun 1998, binatang yang dilindungi itu mendapat perawatan di KBS. Tubuhnya kurus hingga hanya berbobot 44 kilogram dari bobot normal seharusnya 75 kg untuk binatang seumurnya di usia 15 tahun. Dia menderita gangguan pencernaan akut sejak 4 tahun lalu karena makanan berformalin.

Melani menjadi berita setelah foto tentang dirinya menjadi salah satu foto pilihan majalah terkemuka AS, Time. Foto Melani masuk dalam foto 'The Most Surprising Photos of 2013'. Foto itu diambil pada 15 April 2013, menggambarkan Melani yang kurus kering dan bermata sayu.

No comments:

Post a Comment