Jan 27, 2014

Transformasi Komputer Mac dari Masa ke Masa

Kompas.com - Apple dengan Steve Jobs-nya dikenal sebagai sebuah perusahaan yang seakan bisa melihat ke masa depan.

Desain-desain produknya selalu membuat kita tercengang saat pertama kali diperkenalkan dan disukai banyak orang setelahnya. Salah satunya adalah komputer Macintosh. Semenjak pertama kali kemunculan komputer Mac, Steve Jobs seperti merevolusi bentuk komputer pribadi.

Perubahan itu tetap berlangsung hingga kini, setelah 30 tahun komputer Mac diperkenalkan. Desain komputer Mac dari tahun ke tahun selalu berubah. Walau kini saat kita melihat desain komputer Apple di tahun 80-an terlihat jadul, namun pada masanya, komputer Mac selalu tampil beda dan menarik perhatian.

Pada 24 Januari kemarin, komputer Mac berusia 30 tahun. Situs Mashable telah membuat daftar desain komputer Apple dari masa ke masa, yang layak untuk diperhatikan. Berikut adalah diantaranya:


1. Lisa

Model pertama komputer Apple ini diberi nama Lisa, seperti nama putri Steve Jobs. Walau tidak sepenuhnya merupakan komputer Mac, namun desain ini memiliki pengaruh pada desain Macintosh yang pertama yang diluncurkan pada 24 Januari 1984. Butuh waktu tiga tahun dan biaya 50 juta dollar AS dalam pengembangannya. Di masanya, Lisa dijual seharga hampir 10.000 dollar AS, atau setara 25.000 dollar AS untuk ukuran masa kini.

2. Macintosh XL

Lisa kemudian didesain ulang pada tahun 1985, untuk mendongkrak penjualannya. Apple kemudian menamainya dengan Macintosh XL, dan membanderol harga 3,495 dollar AS untuk tiap unitnya.

3. Macintosh 128K

Macintosh 128K menjadi PC Macintosh sejati yang pertama. Dibuat pada 1984, Apple menjualnya dengan harga 2,495 dollar AS. Macintosh 128K memiliki layar berukuran 9 inci, RAM 128K, dan aksesibilitas yang saat itu diklaim lebih mudah.


4. Macintosh 512K
 
Diluncurkan setelah versi 128, Macintosh 512K pada dasarnya memiliki spesifikasi yang sama, hanya memiliki jumlah memori yang empat kali lebih besar.


5. Macintosh Plus
 
Macintosh Plus muncul pertama kali pada 1986. Komputer ini memiliki spesifikasi RAM 1 MB, port SCSI yang bisa digunakan untuk memasang hard disk eksternal. Saat itu, Macintosh Plus dijual dengan harga 2.599 dollar AS


6. Macintosh Portable
 
Saat diperkenalkan pada tahun 1989, Macintoshh Portable menjadi Mac pertama yang menggunakan sumber daya dari baterai. Saat itu, komputer dengan bobot sekitar 7 kg ini menjadi yang tercepat dengan bekerja pada clock 16 MHz. Namun, walau portable dan kencang, penjualan Macintosh Portable tidak terlalu sukses.


7. Powerbook
 
Belajar dari Macintosh Plus yang kurang sukses, Apple kemudian memperkenalkan komputer Powerbook. Produk Apple yang satu ini disebut sebagai komputer portabel sejati yang pertama karena lebih ringan. Powerbook memiliki unit floppy disk yang benar-benar terpisah. Lini produk ini sangat sukses dan dipertahankakn hingga tahun 2006.

8. iMac
Warna-warni, itulah kesan pertama jika mengingat iMac. Diperkenalkan pertama kali pada 1998, iMac menjadi proyek besar Apple setelah Steve Jobs kembali menjabat sebagai CEO. iMac memiliki pendekatan desain yang lebih bergaya dibanding para pendahulunya. Floppy disk sudah ditanggalkan dan Apple menggantinya dengan port USB.


9. iMac G4
 
iMac G4 tampil memukau dengan desain yang fleksibel dan bentuknya yang rata. Karena bentuk penyangganya yang kecil, layar G4 bisa ditarik ke depan dan diputar. Produk ini diperkenalkan pada tahun 2002 dan membuat banyak orang terpana saat pertama kali diperkenalkan oleh Steve Jobs.


10. MacBook
 
Lini MacBook baru Apple diperkenalkan pada tahun 2006. Apple melengkapinya dengan webcam “iSight,” LCD dengan resolusi tajam dan layar glossy, serta keyboard yang terintegrasi.


11. MacBook Air
 
MacBook Air hadir di masa modern Apple. Laptop ini menjadi buah karya Apple yang paling ramping dan dijuluki sebagai komputer jinjing tertipis di dunia, berkat dihilangkannya drive CD/DVD. Steve Jobs memperkenalkan MacBook Air pada 2008 dan hingga kini Apple terus melanjutkan proyek MacBook dengan model-model yang lebih update. MacBook Air pertama memiliki hard disk 80 GB dan layar LED.

12. iMac masa kini
Kini, di usianya yang menginjak 30 tahun, iMac semakin tipis dan lebar dibanding model-model sebelumnya. iMac produksi terbaru memiliki fitur layar yang tajam serta mouse dan keyboard yang terpisah. Versi 27 inci-nya mengususng prosesor Intel yang kencang dan penyimpanan data Fusion Drive yang mengombinasikan penyimpanan hard disk dan flash.

No comments:

Post a Comment