Jan 13, 2010

Honda India Buat Motor Rp 4 Jutaan

Negeri Bollywood, India, memang surga bagi kendaraan-kendaraan murah. Setelah mengeluarkan Tata Nano yang berharga hanya sekitar Rp 20 jutaan, kini masyarakat India menunggu kendaraan murah lain yang akan masuk kesana.

Pabrikan motor asal Jepang, Honda ternyata mengendus peluang itu. Hero Honda yang menjadi penyalur motor Honda di India saat ini sedang menyiapkan sebuah 'terobosan harga baru' untuk memproduksi sebuah motor berharga murah seperti halnya Tata Nano yang menjadi mobil berharga murah.

Namun meskipun berharga murah, sepeda motor itu tidak boleh mengorbankan kenyamanan dan sifat-sifat dasar dari sepeda motor.

"Idenya adalah untuk memberikan kepada pasar sesuatu yang jauh lebih ekonomis, tapi tetap sepeda motor pad umumnya. Produk ini harus mampu mengangkut dua orang, melakukan sesuatu seperti sepeda motor misalnya dalam hal kecepatan dan harus memberikan tumpangan yang nyaman," ungkap Managing Director Hero Honda Pawan Munjal seperti dilansir The Times of India, Senin (11/1/2009).

Motor itu menurut Munjal secara substansial haruslah lebih rendah dari batas harga motor yang ada saat ini. Sebagai bayangan, harga motor yang paling rendah di India adalah sekitar 30.000 rupee atau sekitar Rp 6 jutaan.

Nah, Honda menargetkan dapat memproduksi sebuah sepeda motor yang fungsionalnya nanti dapat berharga hanya 20.000 rupee atau hanya sekitar Rp 4 jutaan saja meski untuk modelnya, Munjal enggan berkomentar.

"Kita butuh 10-12 bulan untuk menyelesaikan strategi kami ini," cetusnya.

Terobosan revolusioner tersebut menurut Munjal diperlukan oleh sebuah perusahaan karena sebuah perusahaan haruslah berpikir keras untuk menurunkan biaya produksi rendah.

"Volume tinggi perlu ada untuk membenarkan investasi. Hero Honda mungkin melihat dapat membuat kapasitas produksi tahunan 500.000 unit," ujarnya.

Pasar sepeda motor di India sendiri menurut Munjal sedang mengalami perkembangan yang signifikan terutama perkembangan di daerah pedesaan. "Pasar pedesaan mungkin membuat dukungan yang lebih besar, kontribusi mereka terhadap penjualan total perusahaan (Honda) saja diharapkan bisa naik ke 45% dari 40%," pungkasnya.

No comments:

Post a Comment