Jan 24, 2010

Lumpia Basah, Bir Kocok, Soto Kuning...

Wisata kuliner di Bogor tidak sebatas makanan dan tempat tongkrongan anak gaul. Bagi kalangan mapan di Jabotabek, jajanan kampung di Bogor menjadi salah satu tujuan utama.

Lokasi jajanan kampung ini terdapat di Jalan Suryakencana, perempatan Gang Aut, hingga Jalan Siliwangi. Lokasi yang terbentang dari pintu utama Kebun Raya Bogor atau Pasar Bogor hingga perbatasan Tajur, sentra produksi tas, itu memiliki ragam kekayaan kuliner khas Sunda dan Tionghoa peranakan.

Sebutlah lumpia basah khas Bogor peninggalan almarhumah Encim Eng Cui. Lumpia yang berisikan paduan irisan bengkuang, parutan ebi, telur, dan taoge tersebut sangat lezat dinikmati kala masih hangat.

”Kami tidak pakai vetsin. Sebagai ganti penyedap rasa, kami menambahkan gula pasir. Setiap akhir pekan, bisa terjual 200 porsi,” ujar Anton (43), putra Encim Eng Cui.

Campuran telur, taoge, bengkuang, dan ebi dimasak di wajan yang dipanaskan di atas anglo. Setelah matang, isi lumpia yang wangi dan gurih itu dibungkus kulit lumpia yang tidak digoreng.

Aroma lumpia makin lezat karena lumpia basah dibungkus daun pisang yang masih segar. Jika ingin dihangatkan, ujar Anton, cukup dikukus sekitar 15 menit.

Seorang perempuan warga Jakarta yang ditemui beberapa waktu lalu mengaku selalu menyempatkan diri membeli jajanan kampung khas Bogor, seperti lumpia basah. ”Biasa beli 5 sampai 10 porsi buat oleh-oleh orang rumah,” ujarnya.

Jajanan khas lain yang tidak kalah lezatnya adalah soto kuning Maman dan laksa Bogor di Jalan Ranggagading, nasi goreng pete Goan Tjo, taoge goreng di Gang Besi, soto mi babat Ciseeng, rujak parut, bir kocok, es pala, dan nasi uduk khas Bogor dengan ragam lauk di dekat Sekolah Kesatuan atau Sekolah Mardi Yuana Sukasari.

Surga jajanan ini tersebar di sepanjang bekas Jalan Raya Pos alias Groote Postweg dari gerbang Kebun Raya hingga Jalan Siliwangi. Sebagai patokan adalah Toko Ngesti, Gang Besi, Gang Aut, Sekolah Mardi Yuana Siliwangi, pertigaan Batutulis, dan Pasar Sukasari di dekat kedai asinan Gedong Dalem. Masih banyak lagi lokasi jajanan di Kota Bogor yang enak dan enak banget!

No comments:

Post a Comment