Oct 20, 2014

AppleSIM Si Kartu Sapu Jagat

Detik.com - Di balik hingar-bingar peluncuran iPad Air 2 dan iPad Mini 3, ternyata ada produk lainnya yang dirilis Apple yakni sebuah kartu SIM yang diperkenalkannya sebagai AppleSIM. Apa bedanya dengan kartu SIM lain?

Bila kartu SIM pada umumnya hanya mewaikili satu operator seluler dan satu nomor telepon, AppleSIM punya kemampuan menarik, yakni bisa berjalan di berbagai layanan operator seluler dengan nomor telepon yang tentunya juga berbeda-beda.

AppleSIM disebut sebagai jawaban Apple atas kerepotan pengguna yang kerap mengganti-ganti kartu bila ingin bertukar layanan seluler. Memang belum dijelaskan lebih jauh cara kerjanya, namun bisa dibilang dengan menggunakan AppleSIM pengguna bisa mendaftarkan beberapa nomor teleponnya dri berbagai operator seluler dalam satu kartu SIM tersebut.

Adapun cara pengguna memilih-milih nomor telepon dan layanan seluler yang diinginkan dapat dilakukan melalui sebuah software yang bakal terinstal di iOS pada iPad Air 2 dan iPad Mini 3. Apple pun mengklaim AppleSIM bakal sangat membantu bagi pengguna yang hobi travel dan kerap berganti-ganti kartu SIM.

Sayangnya, seperti detkINET kutip dari The Register, Jumat (17/10/2014), AppleSIM baru mendukung penggunaannya di wilayah Amerika Serikat dan Inggris. Sepertinya Apple memang baru bekerjasama dengan operator di kedua negara tersebut.

Namun sangat mungkin ke depannya AppleSIM juga bisa digunakan di negara lainnya. Setidaknya dimulai dari negara-negara yang dianggap Tier 1 oleh Apple.

No comments:

Post a Comment