Feb 15, 2012

Suzuki Tarik Ribuan V-Strom 650 dan Skuter Burgman

Detik.com - Sekecil apa pun kesalahan yang dilakukan pabrikan pada barang hasil produksinya haruslah diakui. Dan bila terbukti bermasalah, maka penarikan kembali (recall) pun adalah harga mati yang harus dilakukan. Hal itulah yang dilakukan oleh Suzuki terhadap V-Strom 650 dan Burgman model tahun 2012.

Dilansir motorcycle, penarikan kembali dua model terbaru ini sendiri dilakukan karena ditenggarai adanya masalah pada lampu rem motor. Hal ini memang terkesan sepele, tapi bila dilihat dari sisi keselamatan, maka hal ini bukan lagi masalah sepele.

Badan Keselamatan Jalan dan Lalu Lintas Amerika atau The National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) menjelaskan bahwa lampu rem motor yang harusnya menyala ketika tuas rem ditekan tidak berfungsi.

Hasilnya, para pengendara yang berada di belakang motor itu tentu tidak bisa mengetahui apakah motor melambat atau berhenti yang pada akhirnya bisa berujung pada kecelakaan.

Masalah ini diduga terjadi karena adanya masalah pada saklar yang menghubungkan lampu rem ini.

Masalah ini pertama kali dilaporkan pada 20 September 2011 di Jepang. Suzuki pun dilaporkan telah mengakui kalau Burgman 250 cc yang diproduksi khusus untuk Jepang memang mengalami masalah ini.

Akhirnya, Suzuki pun mulai menyelidiki hal ini pada motor-motor yang menggunakan komponen yang sama dengan Burgman 250 tadi dan hasilnya Suzuki Burgman 650 Exec dan Burgman 400 serta V-Strom 650 pun ditenggarai juga memiliki masalah ini.

Suzuki mengatakan bahwa mereka akan menarik 1.396 motor V-Strom 650 dan Burgman model tahun 2012 untuk memperbaiki kesalahannya ini.

No comments:

Post a Comment