Otomotifnet.com - Buat sobat penunggang Kawasaki New Ninja 250, patut waspada dan rajin-rajin mengecek kondisi filter oli. Sebab, part ini memiliki fungsi vital. Yaitu, menyaring oli yang akan dialirkan ke setiap komponen yang ada di bagian head silinder. Jadi, jika filter oli mengalami penyumbatan, bisa fatal akibatnya. Pelumasan tak sempurna, mesin jebol.
Di wilayah tertentu, terkadang sulit mendapatkan filter oli orisinil New Ninja 250. Tapi, nggak perlu khawatir lagi. Menurut Cecep Cahyaman mekanik bengkel Anjani Motor, filter oli New Ninja 250 bisa saling substitusi dengan filter oli mobil Honda Jazz atau Daihatsu Xenia.
“Filter oli New Ninja 250 sama persis dengan milik Daihatsu Xenia. Kalau punya Honda Jazz, dimensinya sedikit lebih besar dibanding Ninja. Namun yang paling penting, bagian drat baut di dalamnya sama. Karena itu yang mengikat filter oli,” ujar mekanik yang bengkelnya di Jl. Panjang No. 21, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
Menurut Cecep, umumnya filter oli diganti setiap tiga kali penggantian oli untuk Ninja 250 jenis karburator. Hal tersebut karena filter oli Ninja 250 karburator lebih mudah dibersihkan, jadi bisa tahan hingga tiga kali penggantian oli.
Di wilayah tertentu, terkadang sulit mendapatkan filter oli orisinil New Ninja 250. Tapi, nggak perlu khawatir lagi. Menurut Cecep Cahyaman mekanik bengkel Anjani Motor, filter oli New Ninja 250 bisa saling substitusi dengan filter oli mobil Honda Jazz atau Daihatsu Xenia.
“Filter oli New Ninja 250 sama persis dengan milik Daihatsu Xenia. Kalau punya Honda Jazz, dimensinya sedikit lebih besar dibanding Ninja. Namun yang paling penting, bagian drat baut di dalamnya sama. Karena itu yang mengikat filter oli,” ujar mekanik yang bengkelnya di Jl. Panjang No. 21, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
Menurut Cecep, umumnya filter oli diganti setiap tiga kali penggantian oli untuk Ninja 250 jenis karburator. Hal tersebut karena filter oli Ninja 250 karburator lebih mudah dibersihkan, jadi bisa tahan hingga tiga kali penggantian oli.
Beda untuk tipe injeksi. Karena filter oli terbungkus mangkuk berbahan pelat besi, membuat part ini lebih sulit dibersihkan. Oleh sebab itu Cecep menyarankan penunggang Ninja 250 injeksi agar mengganti filter oli setiap penggantian oli.
“Kalau yang injeksi, model filternya tertutup, jadi susah dibersihkan. Lebih baik setiap ganti oli, ganti juga filter. Biar oli baru tak lekas kotor terkena kotoran yang mengendap di filter,” aku Cecep.
Soal harga! Filter oli New Ninja 250 orisinil, dibanderol Rp 90 ribu. Sedangkan filter oli Honda Jazz dan Daihatsu Xenia, dibanderol Rp 40 - Rp 50 ribu. So, selain lebih mudah dicari, filter oli substitusi ini punya harga lebih murah. Tetapi, jika memang ada stok filter ori Ninja, baiknya pakai ori saja.
Karena sudah didesain memang sesuai kebutuhan kan.
“Kalau yang injeksi, model filternya tertutup, jadi susah dibersihkan. Lebih baik setiap ganti oli, ganti juga filter. Biar oli baru tak lekas kotor terkena kotoran yang mengendap di filter,” aku Cecep.
Soal harga! Filter oli New Ninja 250 orisinil, dibanderol Rp 90 ribu. Sedangkan filter oli Honda Jazz dan Daihatsu Xenia, dibanderol Rp 40 - Rp 50 ribu. So, selain lebih mudah dicari, filter oli substitusi ini punya harga lebih murah. Tetapi, jika memang ada stok filter ori Ninja, baiknya pakai ori saja.
Karena sudah didesain memang sesuai kebutuhan kan.
No comments:
Post a Comment