Jan 22, 2015

First Ride Honda Vario 150 eSP, Bawahnya Lebih Nendang!

Otomotifnet.com - All New Honda Vario 150 eSP sudah resmi dipasarkan bersamaan dengan All New Vario 125. Keduanya beda di kapasitas mesin dan memiliki tampilan bodi yang sama saja, tapi pada artikel first ride ini khusus mengulas Vario 150 eSP saja ya! Paling banyak perubahannya.

Di sektor mesin, Vario 150 diambil dari Honda PCX 150 versi Thailand yang memiliki kapasitas ruang bakar 149cc. Berbeda dengan PCX 150 yang dijual di Indonesia dari Vietnam, kapasitas mesinnya 153cc.

Performannya, tentu saja beda dengan mesin 125cc. Powernya memang diklaim hanya sedikit lebih besar. Yaitu 12,462 dk pada 8.500 rpm, sedang Vario 125 eSP hanya  11,122 dk di 8.500 rpm. Sedang untuk torsi lumayan bedanya. Vario 150 eSP 12,8 Nm pada 5.000 rpm, dan Vario 125 eSP hanya 10,8 Nm di 5.000 rpm.

Itu di atas kertas, bagaimana jika benar-benar di atas motor? Putaran bawahnya terasa lebih nendang! Paling terasa dari posisi diam hingga 60 km/jam lebih galak. Cocok nih untuk yang suka berakselerasi.

Sayangnya, belum bisa mendapatkan data pasti akselerasinya. Tunggu sesi test ride-nya ya! Akan kita ukur perbedaan akselerasinya dan membandingkannya dengan versi 125cc.

Putaran atasnya? Belum bisa banyak merasakan bedanya karena trek yang disediakan tak terlalu panjang. Lagi-lagi tunggu sesi test ride khas OTOMOTIF.

Jalan ke sana-sini lalu berhenti. Eh, mesin tiba-tiba mati! Oiya Vario 150 eSP juga tetap dilengkapi dengan idling stop system (ISS). Putar selongsong gas maka mesin langsung otomatis menyala kembali.

Handling
Duduk di atas joknya, sepertinya tak ada koreksi pada ketinggian alas pantat ini. Masih tinggi untuk pemilik badan 160cm. Jinjit dikit okelah. Tapi lebih dari itu sangat nyaman. Joknya lebih empuk, tak seperti Vario 125 lama yang terkenal dengan busa jok tebal.
Posisi setangnya juga tak berubah, tetap rendah yang membuat posisi duduk lebih santai. Tapi jadi kurang nyaman buat pemilik tinggi badan di atas 175 cm, dengkul nyangkut di ujung setang pas belok patah atau putar balik.
Impresi terhadap pengereman combi brake-nya juga tak banyak berubah. Colek rem belakang, rem depan ikut bereaksi memberikan distribusi pengereman yang optimal.
Fitur Lengkap
Urusan yang satu ini agak bingung juga untuk memulai dari mana. Banyak banget bro! Hemmm, sepertinya perubahan posisi tuas rem parkir atau brake lock di atas tuas rem belakang membuat pengoperasiannya jadi lebih mudah, sekarang bisa dikunci hanya dengan satu tangan.
Skutik ini juga sudah dilengkapi dengan answer back system. Fungsinya seperti alarm yang berbunyi ketika anak kunci kontak dipencet, jadi lebih mudah mencari posisi motor di parkiran. Sebelumnya fitur ini sudah ada pada Vario 110. Sayangnya fitur ini hanya ada pada Honda Vario 150 eSP.



Ban juga sudah tubeless. Sayang saat dites saat hujan, ban belakangnya terasa licin. Bahkan untuk mengaplikasikan karet bundar tanpa ban dalam ini, Honda menyiapkan pelek dengan konstruksi khusus di bagian dalamnya.
"Ada penahan agar saat tekanan angin tinggal sedikit, bibir ban tetap mengigit kuat di pelek," jelas Sarwono Edhi, Service Training Manager Astra Honda Training Center. Lebar pelek Honda Vario 150 eSP ini juga mantap, yang depan 1.85-14 sedang yang belakang 2.15-14.
Fitur lainnya juga tetap lengkap. Masih ada integrated key shutter with seat opener, double inner rack, helm-in ubox bervolume 18 liter hingga side stand switch. Oiya ada juga LED headlight, ini jadi salah satu kelebihan Vario 150 eSP dan 125 eSP. Aplikasi lampu LED ini mampu meningkatkan efesiensi listrik hingga 80 persen dan lebih terang hingga 80 persen.



Untuk harga, New Vario 150 eSP tipe exclusive dengan finishing warna polos dijual Rp 20,05 juta. Sedang New Vario 150 eSP sporty dilepas Rp 19,9 juta. Berikut spesifikasi lengkap All New Honda Vario 150 eSP:
Mesin
Tipe mesin : 4 langkah, SOHC pendinginan cairan
Diameter x langkah : 57,3 x 57,9mm
Volume langkah : 149,3cc
Perbandingan kompresi : 10,6:1
Daya maksimum : 9,3 kw / 8.500 rpm
Torsi maksimum : 12,8 Nm / 5.000 rpm
Kopling : Otomatis, sentrifugal, tipe kering
Starter : Pedal dan elektrik
Busi : ND U27EPR-9, NGK CPR9EA-9
Sistem bahan bakar : Injeksi (PGM-FI)
Kapasitas
Kapasitas tangki : 5,5 liter bahan bakar
Kapasitas minyak pelumas : 0,8 liter pada penggantian periodik
Transmisi : Otomatis, V-matic
Kelistrikan : Baterai 12V - 5Ah (tipe F)
Sistem pengapian : Full transisterize, Baterai
Dimensi & Berat
Panjang X Lebar X Tinggi : 1.921 x 683 x 1.096 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.280 mm
Jarak terendah ke tanah : 135 mm
Berat kosong : 109 kg
Rangka
Tipe Rangka : Tulang punggung
Tipe suspensi depan : Teleskopik
Tipe suspensi belakang : Lengan ayun dengan sokbreker tunggal
Ukuran ban depan : 80/90 - 14 tubeless
Ukuran ban belakang : 90/90 - 14 tubeless
Rem depan : Cakram hidrolik dengan piston tunggal
Rem belakang : Teromol
Sistem Pengereman : Combi Brake System (CBS)
Idling Stop System : Tersedia

No comments:

Post a Comment