Jan 12, 2015

Ribuan Game Lawas Bisa Dimainkan Gratis

Kompas.com - Kangen dengan game komputer yang populer di era DOS? Kini para pengguna internet bisa memainkan aneka permainan lawas tersebut secara cuma-cuma di situs Internet Archives.

Internet Archives merupakan organisasi nirlaba yang berupaya melestarikan segala "artefak digital" umat manusia agar bisa diketahui dan bisa dipelajari oleh semua orang.

Sebagaimana dikutip Kompas Tekno dari ArsTechnica, daftar game DOS yang dimuat oleh Internet Archives  mencakup judul-judul klasik pada periode 80-an dan 90-an seperti Wolfenstein 3D dan Prince of Persia. Jumlah keseluruhannya mencapai lebih dari 2.300 buah.

Asyiknya, berbagai game itu bisa dimainkan lewat peramban lewat emulator DOS Em-DOSBOX. Kurator Internet Archives Jason Scott mengingatkan tak semua judul bisa berjalan dengan mulus.

"Beberapa (game) bisa gagal berjalan," kata Scott, sambil menambahkan bahwa pemain tidak bisa melakukan save-game di browser.

Meski demikian, tetap saja Internet Archives menyediakan kesempatan untuk kembali menengok satu jaman yang telah lama terlupakan di dunia komputer.

Sebelumnya, pada November lalu, Internet Archives juga telah mengumpulkan aneka judul game ding-dong alias arcade. Jumlahnya mencapai lebih dari 900 judul, mulai dari Street Fighter hingga Donkey Kong. Seperti game DOS yang tersimpan di situsnya, berbagai game arcade ini pun bisa dimainkan secara gratis lewat browser.

Penasaran? Kunjungi koleksi game DOS Internet Archive di tautan berikut ini.

No comments:

Post a Comment