Dec 15, 2015

Untung-Rugi Beli Mobil di Akhir Tahun

Kompas.com - Akhir tahun dianggap sebagai momen yang tepat untuk membeli mobil. Diyakini, banyak diskon digelontor, terutama dari para wiraniaga karena dituntut untuk ”menghabiskan stok” yang tersisa. Tapi, jika dirunut kembali, beli mobil di penghujung tahun juga ada ruginya.

KompasOtomotif menggali informasi dari beberapa tenaga penjual mobil beberapa hari terakhir. Banyak tawaran menarik disampaikan sehubungan dengan program promosi jelang akhir tahun. ”Kalau beli sekarang, saya ikutkan diskon akhir tahun Rp 20 jutaan,” kata wiraniaga yang menawarkan Nissan Grand Livina di salah satu mal Jakarta Timur, Sabtu (7/11/2015).

Tak hanya diskon, berbagai aksesori juga ditawarkan untuk dibeli dalam satu paket, termasuk upgrade audio dan interior. Tawaran lain juga datang dari tenaga penjual Suzuki yang memberikan paket promosi jelang akhir tahun untuk semua model, termasuk New Ertiga.

”DP cuma Rp 10 juta. Nanti bisa dapat gratis cicilan sampai enam bulan. Tahun depan sudah tidak ada. Stok model lama bisa diskon lebih dari Rp 25 juta,” kata wiraniaga kepada KompasOtomotif ditemui di SICC, Sentul, Minggu (8/11/2015).

Kekurangan
Keuntungan-keuntungan tersebut bisa didapatkan konsumen dan menjadi ciri khas pembelian mobil di akhir tahun. Namun, yang kadang tidak disadari, ternyata ada kekurangannya juga saat membeli mobil di akhir tahun.

Seperti disampaikan Four Wheel Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales Davy J Tuilan, ada sebagian orang yang tidak mau beli mobil di akhir tahun, karena mempertimbangkan resale value dan STNK. ”Buat kami, November sudah selesai jualan. Desember jarang orang beli mobil, hingga puncaknya liburan Natal dan tahun baru,” kata Davy.

Ya, saat membeli mobil di akhir tahun, pada STNK akan tertera tahun pembelian (misalnya) 2015. Beda jika beli pada Januari yang akan tertera 2016. Saat dijual kembali, mobil pembelian 2016 akan lebih dilirik ketimbang 2015.

Masalah lain, keterbatasan stok dan pilihan warna. Biasanya, jelang akhir tahun, mobil yang ditawarkan sebatas warna dan tipe tertentu karena stok hampir habis. Tapi jika Anda tidak memikirkan hal-hal tersebut, maka tidak ada salahnya membeli mobil di akhir tahun.

No comments:

Post a Comment