Sep 24, 2009

Reinkarnasi Sang Legenda “Gull-Wing”

Masih ingat dengan Mercedes Benx tipe 300 SL? Seri ini begitu terkenal di jamannya karena mengadopsi mekanisme pintu yang agak keluar dari pakemnya saat itu. Pintu yang membuka keatas tersebut akhirnya diberikan julukan pintu “Gull-Wing”.

Bukan itu saja sisi menarik dari mobil yang pertama kali diproduksi tahun 1954 ini, namun mobil ini diciptakan dengan nafas sport sejati.

Berpenumpang hanya dua orang saja dan memiliki desain coupe, 300SL merupakan mobil produksi yang paling kencang di masa itu.

Bagaimana tidak, mesin berkapasitas 3000cc yang digunakannya saat itu sudah menganut system injeksi dan untuk tahun 1950-an itu sudah merupakan kemajuan hebat.

Diproduksi bersama dengan Bosch dan akhirnya diberi kode W198 pada mesinnya, mobil ini akhirnya mampu berlari hingga 260 km/jam.

Varian SL terakhir diproduksi tahun 1963 dan setelah hampir mendekati setengah abad sejak hilangnya masa emas 300SL, kini Mercedes-Benz bekerja sama dengan AMG menghadirkan versi terbarunya yang diberi nama Mercedes-Benz 300 SLS AMG.

Mobil reinkarnasi ini masih menggunakan pintu “Gull-Wing” namun dengan desain keseluruhan yang lebih modern dengan tidak meninggalkan garis merah desain 300SL lawas.

Pabrikan mobil asal Jerman ini juga masih berusaha untuk mengembalikan kejayaan performa mobil ini seperti masa lalu.

Caranya adalah dengan mencangkokkan mesin berkapasitas 6300cc V8 dengan racikan khas AMG, yang mampu menyemburkan tenaga maksimum hingga 563Hp. Menggunakan transmisi kopling ganda tujuh percepatan, mobil ini mampu melesat dari 0 – 60 km/jam hanya dalam 3,7 detik.

Sebelumnya banyak spekulasi muncul mengenai desain varian terbaru 300SL ini, namun desain pasti akhirnya dirilis oleh Mercedes-Benz. Mobil ini akan tampil perdana di hadapan publik pada Frankfurt Motor Show 2009 yang sedang berlangsung.

No comments:

Post a Comment