Toyota dengan agresif bakal membuat versi matik di semua varian Avanza-nya. Dimulai dari Avanza tipe S 1.500cc yang sudah ada sejak 2005, kemudian ada Avanza G 1.300cc yang baru diluncukan beberapa waktu lalu dan yang terendah Avanza E 1.300cc matik yang akan diluncurkan tahun depan.
Meski angka penjualan mobil matik tidak terlalu tinggi namun bicara trend, angkanya terus meningkat.
“Bila melihat trend di Eropa, komposisi pasar mobil matik dan manual sudah 50:50. Saya rasa Indonesia juga akan mengikuti perkembangan tersebut,” prediksi Jhonny Darmawan, Presiden Director PT Toyota Astra Motor (TAM) disela sela peluncuran Avanza G 1.300cc matik.
Lalu bagaimana dengan Daihatsu Xenia, sama-sama memiliki tiga varian apakah berniat untuk melakukan hal serupa? Berarti dua varian bermesin EJ-VE DOHC VVTi 1000cc nya juga akan dipasangi gearbox automatic. Apa jadinya bila mesin 1000cc bertenaga 63 ps dan torsi 9,2 kg-m ini dikombinasikan dengan transmisi automatic.
“Sepertinya tidak, kita belum lakukan pengujian karena untuk membuat varian tertentu harus melalui riset panjang,” buka Sudirman MR, Vice President PT Astra Daihatsu Motor (ADM).
“
Untuk mesin 1.300cc saja, meski memiliki gear box dengan ratio gigi yang sama dengan mesin 1.500cc namun final gearnya dibuat sangat ringan agar tetap kuat berakselerasi saat membawa beban berat. Gimana yang 1000cc?
No comments:
Post a Comment