Dec 20, 2010

Biaya Paspor Dikabarkan Naik, Pemohon Mengantre

Liputan6.com - Isu tentang akan naiknya biaya pengurusan paspor pada 2011 nanti membuat antrean panjang pemohon paspor terjadi di beberapa kantor Imigrasi di Jakarta. Di Kantor Imigrasi Jakarta Timur, misalnya, padatnya jumlah pemohon paspor sudah terjadi lebih dari sepekan terakhir. Pemohon bahkan rela antre sejak subuh untuk bisa mendapatkan giliran.

Dengan bertambahnya pemohon pembuatan paspor, Kantor Imigrasi Kelas I Jaktim menambah petugas loket pelayanan dan membatasi pemohon hanya 300 orang per hari. Pemohon selebihnya akan diberikan paraf pada map kuning sebagai bukti antrean pada hari berikutnya.

Meningkatnya pembuatan paspor menurut sebagian pemohon karena ada kabar akan naiknya biaya pengurusan paspor pada 2011 mendatang. Kendati demikian, Direktur Jenderal Imigrasi melalui edarannya membantah kabar tentang kenaikan tarif. Bahkan, per tanggal 1 Januari 2011 tarif paspor justru berkurang menjadi Rp 255 ribu dari sebelumnya Rp 270 ribu untuk paspor biasa 48 halaman. Saat ini pihak Imigrasi berusaha mengimbau para pemohon paspor agar tidak terpancing oleh isu kenaikan tarif ini. Video

No comments:

Post a Comment