Dec 28, 2010

Polisi Cina Meminta Bantuan Pengguna Internet

Detik.com - Polisi Cina merangkul para pengguna internet untuk membantu mengungkap kasus-kasus kejahatan.

Harian The China Daily memberitakan kepolisian telah menyiapkan uang dan hadiah lain bagi mereka yang memberi informasi penting atau membantu mengungkap pelaku tindak pidana.

Bulan ini kepolisian di Xinjiang di Cina barat menerbitkan foto lokasi kejahatan di internet dan mengumumkan akan ada hadian uang 500 hingga 5.000 yuan bagi siapa saja yang memiliki informasi tentang kasus tersebut.

Polisi juga menyediakan hadiah berupa koin QQ, alat pembayaran yang populer di kalangan pengguna layanan pesan instan QQ. Koin itu bisa dipakai untuk membeli aneka produk virtual seperti game.

Ratusan juta pengguna
Belum diketahui apakah tanggapan dari pengguna internet cukup besar, namun pemerintah mengatakan ini adalah cara yang efektif untuk melibatkan pengguna internet, yang berjumlah sekitar 420 juta orang, membantu aparat kepolisian.

"Polisi harus mengikuti perkembangan zaman dan tidak ada salahnya memadukan metode tradisional dan cara-cara baru dalam melakukan penyelidikan kasus-kasus kejahatan," kata salah seorang pejabat kepolisian yang menolak disebut namanya.

"Kami yakin akan ada manfaat dari skema ini karena jumlah pengguna internet, seperti pemakai layanan QQ, sangat besar," tambahnya.

Belum lama ini kepolisian di provinsi Jiangsu di Cina timur berhasil mengungkap kasus kejahatan setelah menerbitkan rincian kasus ini di internet.

Sepekan setelah pengumuman itu diterbitkan, bersama dengan tawaran hadiah 10.000 yuan, seorang pengguna internet menghubungi polisi dan mengatakan bahwa temannya adalah tersangka pelaku kejahatan tersebut.

No comments:

Post a Comment